Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Pemerintah Siap Menggulirkan Empat Proyek Besar Pekan ini

Pemerintah Siap Menggulirkan Empat Proyek Besar Pekan ini

tol sumatera

Pemerintahan dibawah duet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mulai menancapkan kinerjanya. Selain memperbaiki berbagai sektor, pemerintah juga mulai menggeber berbagai proyek pembangunan.

Ada sekitar empat proyek yang akan mulai digulirkan pada pekan ini. Seperti pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera, pembenahan Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Merak, jalan tol Solo-Ngawi-Kertosono, serta proyek  pembangunan perumahan yang masuk Program 1 Juta Rumah.

Dari keempat proyek tersebut, total nilainya mencapai sekitar Rp 380 triliun. Tapi pembangunannya dilakukan secara bertahap. Untuk Tahap awal, nilai proyek yang dibangun tahun ini pemerintah menggelontarkan dana sekitar Rp 70 triliun.

Salah satu contohnya adalah pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Untuk proyek jalan bebas hambatan yang  menghubungkan Lampung dan Nangroe Aceh Darussalam ini total dananya menelan Rp 360 triliun.

Tahap awal, ruas ruas Bakauheni, Lampung ke Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan  yang akan dibangun mulai tahun ini. Nilainya Rp 53,63 triliun.

Groundbreaking proyek ini ini berbarengan dengan   pengembangan Pelabuhan Merak, Banten, yang diperkirakan menelan dana sekitar Rp 8 triliun.

Untuk mendukung proyek tersebut, sejumlah perusahaan pemerintah dipercaya sebagai pelaksana proyek. Mereka tergabung dalam konsorsium BUMN infrastruktur. Diantaranya ada PT Hutama Karya, PT Jasa Marga Tbk, PT Wijaya Karya Tbk, dan PT Waskita Karya Tbk.

Pada bagian lain, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, mengatakan bahwa hingga akhir April ini, nilai proyek infrastruktur yang digarap BUMN mencapai Rp 20 triliun. Sementara total nilai proyek infrastruktur yang akan digarap BUMN dalam rentang Mei-Juni 2015 sekitar Rp 100 triliun. Sementara target nilai realisasi proyek infrastruktur  yang digelar pemerintah mencapai  Rp 300 triliun.

“Ini termasuk proyek pelabuhan di Indonesia Timur,” ujar Rini.

Apa yang dilakukan oleh pemerintah dengan melaksanakan sejumlah proyek besar, semacam obat penawar atas kelesuan ekonomi di kuartal I-2015. Dana untuk proyek ini diharapkan bisa memutar roda ekonomi lebih kencang pada periode mendatang.

Disamping itu, pelaksanaan sejumlah proyek ini bakal menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi Indonesia, plus sebagai penarik investasi swasta. Sebab, banyak investor menunggu masuknya dana pemerintah ini. Oleh karenanya, realisasi proyek ini menjadi krusial, bukan sebatas groundbreaking tanpa kelanjutannya.

Disamping proyek jalan tol, pelabuhan, dan perumahan, pemerintah juga telah mencanangkan proyek listrik 35.000 MW yang akan bergulir pada Senin pekan depan (4/5).

“Untuk tahap pertama akan ditandatangani kontrak perjanjian jual beli  listrik sebesar 2.000 MW,” ungkap Sudirman Said, Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...