Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Pemerintahan Jokowi diminta Hapus Pasal Pencemaran Nama Baik di UU ITE, Ini Alasannya

Pemerintahan Jokowi diminta Hapus Pasal Pencemaran Nama Baik di UU ITE, Ini Alasannya

UU ITE

Kritik datang ke pemerintahan Presiden Jokowi. Hal ini tentang pencemaran nama baik di draft RUU ITE yang tercantum. Pasal itu menuai kontroversi karena menghapus kebebasan berdemokrasi.

“Dengan tidak adanya perubahan yang signifikan atau belum dihapuskannya pasal-pasal anti kebebasan berekspresi (Pasal pencemaran nama baik) dalam draft RUU ITE, maka bisa dipastikan pelanggaran atas hak berpendapat akan terus meningkat. Dan itu menandakan Pemerintah tidak mengerti dan memahami apa sebenarnya akar masalah yang terdapat dalam UU ITE ini,” ujar aktivis LBH Pers Asep Komarudin, Selasa (15/12).

Ditambahkan oleh Asep, ada indikasi tidak dihapuskannya Pasal 27 ayat 3 tentang pencemaran nama baik karena ada pihak-pihak yang diuntungkan sengaja merawat dan mempertahankan. Dan yang pastinya orang yang diuntungkan adalah orang yang mempunyai posisi jabatan dalam Pemerintahan atau lembaga swasta lainya.

“Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang mengkritik pejabat publik atau swasta dikriminalisasi dengan tuduhan pencemaran nama baik,” jelasnya.

Kata Asep pula, di dalam draft RUU ITE tentang pencemaran nama baik pasal 27 ayat 3, sanksi pidananya yang pada UU ITE saat ini 6 tahun penjara turun menjadi 4 tahun penjara. Bedakan dengan pasal 310 KUHP yang dibuat pada masa kolonial Belanda, pasal 310 hanya memberikan sanksi pidana 9 bulan penjara 4 kali lipat lebih dari RUU ITE.

“Ini menandakan betapa Pemerintah Indonesia sangat “hobi” memenjarakan masyarakatnya sendiri dan tidak mempunyai standar acuan pemberian sanksi. Begitu juga di dalam pasal–pasal RUU ITE lainya, sanksi pidananya di atas 5 sampai 10 tahun,” terangnya.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...