Home / Berita / Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Eksekusi Mati Perdana Menterinya

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Eksekusi Mati Perdana Menterinya

Wakil Pertana Menteri Korea Utara Choe Yong Gon tidak pernah menampakkan diri ke publik sejak Mei. Diyakini ia telah dieksekusi atas perintah Kim Jong Un
Wakil Pertana Menteri Korea Utara Choe Yong Gon yang diduga telah dieksekusi  karena berani menentang kebijakan  Kim Jong Un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah memerintahkan eksekusi wakil perdana menterinya, menurut laporan berita Korea Selatan, dalam dugaan pembersihan kepemimpinan senior Pyongyang terbaru. Kantor berita Yonhap mengutip sumber “yang memiliki informasi tentang Korea Utara,” mengatakan Wakil Perdana Menteri Choe Yong Gon tewas di tangah pasukan penembak pada bulan Mei setelah menyebutkan ketidakpuasannya terkait kebijakan kehutanan Kim.

Kementerian Unifikasi Seoul tidak membenarkan laporan tersebut, tapi menyadari Choe tidak pernah terlihat di depan publik selama sekitar delapan bulan. “Pemerintah memperhatikan dengan seksama apa yang mungkin dialaminya,” tambahnya.

Pyongyang tidak mengeluarkan pernyataan tentang nasib Choe yang berusia 63 tahun, yang ditunjuk sebagai wakil perdana menteri tahun lalu. Bila benar, ini adalah eksekusi kedua pejabat senior Korea Utara sepanjang tahun ini.

Intelijen Korea Selatan melaporkan awal tahun ini bahwa menteri pertahanan Hyon Yong Chol dieksekusi dengan senjata anti pesawat karena tertidur dalam sebuah acara militer. Korea Utara kemudian mengkonfirmasi Hyon telah digantikan.

Sejak berkuasa pada tahun 2011 setelah ayahnya meninggal mendadak, Kim Jong Un telah melakukan perubahan besar-besaran di kalangan pejabat tinggi pemerintah negara tersebut.

Badan Intelijen Nasional Seoul memperkirakan awal tahun ini bahwa Kim telah memerintahkan eksekusi 15 pejabat senior tahun ini sebagai hukuman karena menantang kekuasaannya- VoA

Baca Juga

Joko Driyono Ditunjuk Jadi Wakil Ketua AFF

Bali – Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono ditunjuk menjabat posisi wakil presiden federasi sepakbola ...