Home / Tekno / Internet / Pencekalan WhatsApp Di Brazil Dibatalkan

Pencekalan WhatsApp Di Brazil Dibatalkan

whatsapp

Kemarin pengadilan di Sao Paulo, Brazil memerintahkan operator-operator seluler di Brazil untuk memblokir layanan WhatsApp sepenuhnya setelah aplikasi chat itu menolak memenuhi permintaan pengadilan untuk menolong mereka dalam kasus kejahatan. Operator seluler di Brazil mematuhi perintah pengadilan dan WhatsApp diblokir di negara itu selama satu hari. Banyak pengguna mencari alternatif dan pindah ke Telegram. Tapi perintah baru turun dari pengadilan yang membatalkan perintah pemblokiran setelah diterapkan dalam sehari.

Hakim Xavier de Souza, berkata jika tidak beralasan jika jutaan pengguna terpengaruh karena sikap perusahaan itu yang gagal menyediakan informasi ke pengadilan dalam satu kasus kriminal. Oleh karena itu, dia memerintahkan pembatalan pencekalan itu.

Reuters melaporkan jika kasus kriminal itu melibatkan perdagangan obat yang menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi. Perdagangan ini dipercaya berhubungan dengan gang Sao Paulo yang dikenal jahat.

CEO Facebook Mark Zuckerberg berkomentar mengenai pecekalan ini, menyebutnya sebagai hari yang menyedihkan di Brazil dan berkata jika dia terkejut jika usaha perusahaan melindungi data pengguna membuat mereka dicekal.

 

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...