Home / Berita / Ibu Kota / Pencuri Kabel di Gorong-gorong Sekitar Istana Akhirnya diringkus Polisi, Berikut Penjelasannya

Pencuri Kabel di Gorong-gorong Sekitar Istana Akhirnya diringkus Polisi, Berikut Penjelasannya

6-Tersangka-Pencuri-Kabel-di-Gorong-Gorong-Depan-Istana-Merdeka-

Polda Metro Jaya akhirnya meringkus pelaku pencurian kabel di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Pelaku itu berjumlah enam orang, yaitu STR (45), MRN (34), SWY (45), AP (28), RHM (43), dan AT (48).

Dua di antaranya adalah residivis, yaitu RHM dan AT dalam kasus yang sama pada tahun 2015 lalu. Sedangkan keenam pelaku juga berprofesi sebagai pemulung.

Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Mujiyono mengungkapkan, ‎keenam pelaku itu melakukan pencurian dengan cara masuk dari lubang air yang terbuka di kawasan ring 1 itu, sambil membawa peralatan linggis untuk membongkar dinding gorong-gorong hingga menemukan kabel curiannya tersebut.

“Para pelaku memiliki peranan yang berbeda, lima masuk ke dalam gorong-gorong dan mereka bisa bertahan selama dua-tiga hari di dalam gorong-gorong. Mereka juga melakukan ini sudah berbulan-bulan, maka terjadi penumpukan kabel yang menyumbat dan menjadikan banjir,” ujarnya di Jakarta, Jumat (11/3).

Keenam pelaku itu sendiri ditangkap berdasarkan penemuan barang bukti di gorong-gorong, kata Mujiyono, polisi kemudian meringkus para pelaku. Polisi pun telah melalukan pemetaan pergerakan para pelaku digorong-gorong itu.

“Mengapa sisa kulit kabel itu tidak di bawa karena jika dijual hanya Rp1.000 per kilogram. Sementara harga tembaga jika dijual bisa Rp40 ribu sampai Rp 60 ribu per kilogram, sedang timah Rp10 ribu per kilogram. Sehingga tidak heran kalau sisa-sisa gulungan kabel ini ada 26 truk dan tidak dibawa,” paparnya.

Pelaku pun kini harus mempertanggung jawabkan perbuatannya dengan dikenakan Pasal 363 KUHP junto 362 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.
 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...