Home / Berita / Regional / Pendaki Hilang di Gunung Lawu, 1 Bocah Usia 8 Tahun & 6 ABG Usia 18 Tahun

Pendaki Hilang di Gunung Lawu, 1 Bocah Usia 8 Tahun & 6 ABG Usia 18 Tahun

Pendaki Hilang di Gunung Lawu, 1 Bocah Usia 8 Tahun & 6 ABG Usia 18 Tahun

Tujuh pendaki Gunung Lawu dinyatakan hilang kontak. Ketujuh pendaki tersebut bernama Abdul (8 tahun), Sasi (11 tahun), Refi (18 tahun), Maya (18 tahun) Rizai (18 tahun), Puput (18 tahun) serta Gabriel (18 tahun). Mereka merupakan warga Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Solo.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun 7 pendaki itu hilang kontak di Gunung Lawu Karanganyar Jawa Tengah sejak Sabtu (25/7), hingga Rabu (29/7) pagi belum ditemukan. Tim SAR bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), relawan Anak Gunung Lawu (AGL), kepolisian dan dibantu warga yang melakukan penyisiran di jalur pendakian sejak kemarin siang belum menemukan keberadaan mereka.

Ketika dimintai konfirmasinya Humas Kantor Tim SAR Surakarta, Yohan Tri Anggoro mengatakan jika pagi ini (29/7) pihaknya bersama tim lainnya akan melakukan penyisiran kembali di lokasi pendakian. “Ini kami berangkatkan lagi tim keempat untuk menyisir jalur pendakian. Penyisiran yang kita lakukan kemarin hasilnya masih nihil” ujar Yohan.

Di lain pihak Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Nugroho mengatakan ketujuh remaja tersebut naik melalui pos pendakian Gunung Lawu yang berada di Cemoro Kandang, pada Sabtu (25/7) lalu. “Seharusnya mereka sudah kembali turun ke posko pendakian, tetapi ditunggu hingga Selasa (28/7) siang mereka belum juga turun” ungkap Nugroho.

Nugroho mengatakan BPBD bersama tim Search and Rescue (SAR) dan relawan Anak Gunung Lawu (AGL) sudah melakukan penyisiran di jalur pendakian, namun hasilnya masih nihil. “Kami sudah berkoordinasi dengan AGL untuk mencari mereka. Tetapi hingga Selasa sore belum ditemukan” tambahnya.

Menanggapi hal ini Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto memberikan informasi berdasarkan keterangan yang diperoleh dari para pendaki, ada yang menyebutkan bahwa ketujuh pendaki dengan ciri-ciri itu masih berada di atas. “Ada beberapa pendaki yang mengatakan para pendaki itu masih berfoto bersama di atas. Tapi kami masih mendalami keterangan itu dan masih melakuan pencarian bersama tim sar san relawan” ungkap Riyanto.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...