Home / Tekno / Internet / Penelitian: Berhenti Main Facebook Buat Orang Bahagia

Penelitian: Berhenti Main Facebook Buat Orang Bahagia

facebook-iphone

Setelah orang tidak menyentuh smartphone dalam waktu lama, kebanyakan akan segera membuka Facebook atau Twitter begitu mereka memperoleh kesempatan. Kelihatannya penggunaan sosial media membuat orang bahagia, benarkah demikian? Menurut sebuah penelitian terkini yang diadakan oleh the Happiness Research Institute, terungkap jika berhenti main Facebook sebenarnya membuat orang lebih bahagia.

Penelitian itu melibatkan sekitar 1.095 pengguna Facebook aktif. Setengah dari kelompok ini diminta berhenti mengakses Facebook selama seminggu. Sementara setengah kelompok lainnya tetap menjalankan rutinitas, mengecek Facebook setiap hari. Menurut hasil penelitian itu, mereka yang berhenti main Facebook merasa lebih puas dengan hidup mereka dan lebih bahagia.

Para peneliti juga menemukan kelompok yang berhenti mengakses Facebook lebih antusias, lebih jarang marah dan stres berkurang. Aktivitas-aktivitas sosial mereka juga meningkat. Menurut para peneliti, alasan kenapa orang lebih bahagia setelah berhenti memakai Facebook adalah karena sosial media itu lebih menonjolkan sisi terbaik dari kehidupan orang. Hal ini memaksa para pengguna berfokus pada apa yang orang lain punya tapi tidak mereka punya. Mungkin itulah sebabnya jika mereka yang menggunakan Facebook setiap hari merasa tidak bahagia.

Tentunya hal ini bukan berarti para pengguna Facebook depresi, tapi jika Anda merasa Facebook mulai membuat Anda tidak bahagia, cobalah rehat sejenak dari sosial media itu. Siapa tahu Anda akan merasa lebih baik setelah melakukannya.

 

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...