Home / Berita / Ibu Kota / Pengacara Jessica Protes : Saya Belum Terima BAP Jessica

Pengacara Jessica Protes : Saya Belum Terima BAP Jessica

jessica55

Jessica Kumala Wongso (27) sudah di-BAP (berita acara pemeriksaan) penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya soal kasus kematian Wayan Mirna Salihin. Tetapi, setelah diperiksa sebagai tersangka, tim pengacara mempermasalahkan karena tidak pernah menerima salinan BAP itu.

“Saya belum terima salinan BAP-nya. Justru aneh, diperiksa sebagai tersangka tetapi kita tidak dikasih salinan BAP-nya,” kata Pengacara Jessica, Yudi Wibowo Sukinto kepada wartawan usai membesuk Jessica di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (2/2).

ditambahkan oleh Yudi yang merujuk pada Pasal 72 KUHAP, pihaknya berhak mendapatkan salinan Berita Acara Penyidikan (BAP) kliennya untuk kepentingan pembelaan. Adapun, bunyi pasal tersebut adalah sebagai berikut:

“Atas permintaan Tersangka atau Penasihat Hukumnya pejabat yang bersangkutan memberikan turunan berita acara pemeriksaan untuk kepentingan pembelaannya.”

Sedangkan Yudi menyatakan kalau dalam BAP tersebut, kliennya dipersangkakan melakukan tindak pidana Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana jo Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan.

“Alasannya (BAP akan diberikan) kalau sudah P-21 kasusnya,” jelasnya.

Sementara itu terkait protes dari Yudi ini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombea Mohammad Iqbal mengungkapkan, BAP tidak harus disampaikan kepada pengacara.

“BAP tidak harus disampaikan kepada pengacara, pengacara kan mendampingi, di situ saja mereka pasti akan memberikan bantuan bantuan hukum kepada kliennya,” ujar Iqbal dalam kesempatan terpisah.

Ditambahkan olehnya, kalau BAP semua diserahkan nantinya strategi penyidik akan ketahuan dong. Bahwa ini adalah war of intelectual, perang intelektual. Jadi strategi kami biarkan kami yang melaksanakan, strategi siapapun tersangka, pengacara silakan. Bahwa sampai saat ini Polda Metro Jaya dan penyidik tetap menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah, jadi ada due process of law.

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...