Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Pengacara Minta Gatot tidak hadir ke KPK karena Posisinya mulai Terjepit

Pengacara Minta Gatot tidak hadir ke KPK karena Posisinya mulai Terjepit

Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho
Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho

Jakarta –  Seharusnya Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho menjalani pemeriksaan lanjutan di KPK hari ini, Jumat 24 Juli. Namun ditunggu sampai siang, ternyata ia tidak hadir. Gatot sepertinya cukup patuh kepada perintah pengacaranya Razman Arif Nasution yang memintanya tidak memenuhi panggilan itu.

Alasan Razman, karena pemanggilan KPK itu tidak memenuhi unsur yang berlaku. “Tidak ada sama sekali surat atau dokumen yang memanggil klain saya. Makanya kami anggap pemeriksaan hari ini tidak ada,” katanya. Sehari sebelumnya, Razman memang sudah meminta Gatot untuk tidak memenuhi panggilan itu. Sampai hari ini gatot masih berada di Medan.

Pihak KPK sendiri mengaku kalau pemanggilan itu sudah disepakati sebelumnya. Saat  pemeriksaan pertama pada Rabu 22 Juli lalu, sebenarnya belum selesai. Namun karena penyidik melihat Gatot sangat lelah, akhirnya pemeriksaan dihentikan, dengan kesepakatan dilanjutkan pada Jumat 24 Juli.

“Waktu itu kesepakatan sudah ada secara lisan. Jadi kami anggap tidak perlu lagi pakai surat,” kata penyidik KPK. Belakangan Razman melihat surat panggilan adalah hal yang penting, sehingga ia menjadikannya sebagai alasan penolakan panggilan hari ni.

Penolakan Razman dan Gatot  untuk diperiksa di KPK hari ini terkait pula dengan posisi Gatot yang semakin sulit. KPK sudah mendapatkan data dari pengakuan Yagari Bhastara alias Gerry, kalau dana 15 ribu dolar Amerika dan 5000 dolar singapura yang akan diberikan kepada majelis hakim PTUN Medan sebagai uang suap,   memang berasal dari Kantor Gubernur Sumut.

Uang itu diberikan kepada pengacara OC Kaligis melalui Evy Susanti, istri Gatot yang disebut-sebut kenal baik dengan pengacara kondang itu.  Pernyataa Gerry ini yang membuat posisi Gatot dan Evy semakin terjepit. Boleh jadi, alasan inipula yang membuat Gatot menuruti perintah pengacaranya untuk tidak datang ke KPK.

Gerry sendiri mengaku hanya mendapat perintah dari OC kaligis untuk menyerahkan uang itu kepada majelis Hakim PTUN Medan.  Sial bagi Gerry dan para hakim itu, saat penyerahan dilakukan, pada Kamis 9 Juli lalu, KPK menggerebek mereka dan langsung menyatakan mereka sebagai tersangka. Status tersangka bagi OC Kaligis menyusul  dua hari setelah itu.

Gatot dan istrinya Evy disebut-sebut punya peranan dalam aksi penyuapan itu.  Seharusnya pemeriksaan terhadap Gatot  dan Evy akan berlangsung pada hari ini. Tapi Gatot mangkir, sedangkan Evy minta agar pemeriksaannya diundur sampai senin 27 Juli.

Namun Gatot sepertinya tidak akan lama di Medan, sebab dalam dua hari ini KPK akan melakukan pemanggilan resmi.

“Kami akan panggil ulang. Kalau tidak hadir lagi, kami akan ‘menghadapkan’ beliau secara paksa kepada penyidik untuk pemeriksaan lanjutan,” kata Plt Pimpinan KPK, Indriyanto Seno Adji, Jumat 24 Juli.

Gatot sendiri bukan kali ini saja mangkir. Pada panggilan pertama sebelumnya, Gatot juga mangkir karena alasan kesibukan.  Pemanggilan untuknya kemungkinan akan dilayangkan pada Senin depan, bersamaan dengan pemeriksaan Evy Susanti.  ***

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...

One comment

  1. Zaenal Thengereadik Bcl

    udah aku tunggu kehadiran mu Video Aneh hehe… Met Sore ..!!