Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Pengacara Sebut Eks Kadis DPMPTSP Bandung Tak Nikmati Uang Pungli

Pengacara Sebut Eks Kadis DPMPTSP Bandung Tak Nikmati Uang Pungli






Bandung – Majelis hakim menyebutkan eks Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Dandan Riza Wardhana tidak menikmati hasil pungli. Pengacara Dandan menyebut uang tersebut bukan untuk pribadi.

Hal itu disebutkan pengacara Dandan, Efran Helmi Junti usai persidangan beragenda vonis di ruang Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Bandung, Senin (23/10/2017).

“Majelis menjelaskan hal meringankan uang tersebut enggak dinikmati terdakwa. Katakan uang itu diterima, tapi apa yang diterima beliau itu benar untuk kepentingan institusi, enggak ada untuk pribadi masuk ke rekening sendiri,” kata Efran.

Efran juga mengungkapkan selama Dandan menjabat sebagai Kepala DPMPTSP Bandung banyak proposal masuk untuk meminta bantuan. Uang pungli tersebut, kata Efran, digunakan untuk memfasilitasi proposal tersebut.

“Uang itu kan banyak proposal mohon bantuan ke kantor, baik perorangan maupun kepentingan sosial lain, itu untuk itu (uangnya),” tandasnya.

Efran juga menyatakan posisi Dandan sebagai kepala DPMPTSP juga memang berkaitan dengan banyak orang. Ia menyebut Dandan tidak memanfaatkan kekuasaan atau kewenangan, hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga kondusifitas Kota Bandung.

“Yang jadi titik poin, tidak ada untuk kepentingan beliau, itu untuk institusi atau lembaga. Kemana uang itu, baik untuk bantuan sosial. Inilah yang jadi catatan kami,” tuturnya.

Dandan sendiri terbukti melakukan pungli. Dalam persidangan, Dandan menerima uang pungli sebesar Rp 63.900.000.

Sebelumnya dalam persidangan, majelis hakim menyebutkan hal yang meringankan dan memberatkan. Hal yang memberatkan, Dandan sebagai pegawai negeri sipil (PNS) terlebih kepala dinas, tidak mendukung upaya pemerintah memberantas korupsi. Sementara hal yang meringankan, Dandan berlaku sopan, tidak pernah dihukum dan kooperatif selama persidangan.

“Terdakwa juga tidak menikmati dan menggunakan harta dari hasil korupsi. Lalu cukup lama juga mengabdi di Kota Bandung,” kata dia.

(avi/avi)


Source link

Baca Juga

Si Seksi Ariel Tatum Makin Serius dengan Ryuji Utomo

Hot Photo Sabtu, 28 Okt 2017 08:33 WIB  ·   Palevi – detikHOT Jakarta detikHot ...