Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Penganggaran Dana Aspirasi : Nasdem Menolak, PKB Mendukung

Penganggaran Dana Aspirasi : Nasdem Menolak, PKB Mendukung

nasdem dan pkb

Beberapa waktu lalu Ketua Badan Anggaran DPR Ahmadi Noor Supit dan Ketua DPR Setya Novanto mengatakan pagu anggaran untuk menjalankan Dana Aspirasi sebesar Rp20 miliar per anggota DPR atau total Rp11,2 triliun dan akan diusahakan masuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2016.

Namun nampaknya penganggaran dana aspirasi menimbulkan pro dan kontra di kalangan anggota DPR RI.

Fraksi Partai Nasdem di DPR, misalnya memutuskan menolak kelanjutan penganggaran dana aspirasi dalam Program Aspirasi Pembangunan Daerah Pemilihan karena menganggapnya tidak berdasar.

“Dalam hal melaksanakan fungsi anggaran, menurut Fraksi Partai Nasdem tidak perlu orang-perorangan mengusulkan dan memiliki bujet tersendiri, uang menimbulkan kerancuan anggaran,” ungkap Wakil Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di DPR, Supiadin AS, dalam konferensi pers di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (15/6).

Dilanjutkan olehnya, penerapan Program Aspirasi Pembangunan Daerah Pemilihan (PAPDP) berpeluang menimbulkan penyelewengan penggunaan anggaran.

PAPDP, kata dia, juga tidak sejalan dengan prinsip keadilan dan pemerataan karena ada perbedaan signifikan jumlah anggota dewan dalam setiap fraksi di DPR.

Disamping itu, pelaksanaan program tersebut bisa menimbulkan kesenjangan antara daerah-daerah yang memiliki banyak wakil di dewan dan daerah yang hanya memiliki sedikit wakil di dewan.

“Misalnya, daerah Pulau Jawa dengan luar Jawa. Oleh karena itu kebijakan ini tidak sejalan dengan prinsip pemerataan pembangunan wilayah dan kawasan yang adil dan merata,” ungkapnya.

PKB Mendukung Dana Aspirasi

Pandangan berbeda datang dari Fraksi Partai Kebangkitan (PKB) di DPR, dimana mendukung penganggaran dana aspirasi Rp20 miliar per anggota dewan lewat Program Aspirasi Pembangunan Daerah Pemilihan.

“Fraksi PKB memegang UU MD3 tentang dana aspirasi. Mendukung perintah Undang-Undang,” ujar anggota DPR dari Fraksi PKB Daniel Johan di Gedung DPR RI Jakarta, Senin.

Daniel menuturkan Fraksi PKB tidak akan ikut-ikutan menolak penganggaran dana aspirasi seperti fraksi lain yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

“Kalau UU-nya berubah, FPKB akan berubah. Kalau KIH menolak, FPKB tidak akan ikut-ikutan dan tetap akan berpegangan pada UU MD3,” ujarnya.

Menurut dia program itu perlu untuk “memperkuat dan mendukung dana alokasi khusus yang sudah diberikan pemerintah”.

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...