Home / Serba Serbi / Pengertian, Keisitimewaan & Doa Malam Lailatul Qadar

Pengertian, Keisitimewaan & Doa Malam Lailatul Qadar

Pengertian, Keisitimewaan & Doa Malam Lailatul Qadar

Pengertian malam Lailatul Qadar, keistimewaan, serta doa malam Lailatul Qadar perlu Anda ketahui terlebih bulan Ramadhan akan memasuki 10 hari terakhir. Lailatul Qadar atau Lailatul Qad’r adalah salah satu malam penting yang terjadi di sebuah malam pada bulan Ramadhan.

Banyak pihak sepakat bahwa malam Lailatul Qadar terjadi di 10 malam terakhir pada bulan Ramadhan. Hal tersebut berdasarkan hadits dari Aisyah yang mengatakan: “Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda: “Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169).

Di lain pihak Al Qur’an menjelaskan makna serta keistimewaan dari Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah suatu malam yang memiliki keutamaan dan keistimewaan luar biasa, yaitu lebih baik daripada 1000 bulan. Ini artinya Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemuliaan.

Secara historis dikisahkan dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bercerita kepada para sahabat mengenai seorang Bani Israil yang sangat saleh. Bani Israil tersebut telah menghabiskan waktunya selama 1.000 bulan untuk berjihad fi sabilillah di jalan Allah.

Namun ketika mendengar cerita dari Rasulullah, para sahabat kemudian merasa iri karena mereka tak akan pernah bisa memiliki kesempatan untuk beribadah dalam kurun waktu selama itu. Itu dikarenakan umur umat Nabi Muhammad jauh lebih pendek, dibandingkan dengan umat-umat sebelumnya.

Kemudian hadirlah Malam Lailatul Qadar yang diturunkan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad yang memiliki keistimewaan. Antara lain Lailatul Qadar adalah waktu diturunkannya Al Qur’an dan Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan.

Selain itu Lailatul Qadar adalah malam yang penuh keberkahan, malaikat dan juga Ar Ruuh -yaitu malaikat Jibril- turun pada Lailatul Qadar, Lailatul Qadar disifati dengan ‘salaam’, Lailatul Qadar adalah malam dicatatnya takdir tahunan, dan dosa setiap orang yang menghidupkan malam ‘Lailatul Qadar’ akan diampuni oleh Allah.

Lantas bagaimana bacaan doa di malam Lailatul Qadar’? Ada do’a yang pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW jikalau kita bertemu dengan malam Lailatul Qadar, yakni Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).

Baca Juga

Permintaan Terakhir Istri Bikin Suami Senang

Hari ini istri pak haji Syafii meninggal dunia. Di tengah para pelayat, tidak disangka-sangka Pak ...