Home / Berita / Dunia / Penularan Virus Zika Lewat Hubungan Seks, Terjadi Pertama di AS

Penularan Virus Zika Lewat Hubungan Seks, Terjadi Pertama di AS

pencegahan virus zika

Kasus penularan virus Zika untuk pertama kali dilaporkan terjadi di Texas, Amerika Serikat (AS). Virus tersebut dilaporkan menular melalui hubungan seksual dan tidak melalui gigitan nyamuk.

Kasus virus Zika pertama terdeteksi sehari pasca Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan keadaan darurat kesehatan publik internasional.

Virus yang menyebabkan banyak bayi lahir cacat di Brasil itu telah menyebar cepat di benua Amerika. WHO sendiri khawatir virus itu juga bisa mewabah di Afrika dan Asia.

Virus Zika selama ini diketahui disebarkan oleh gigitan nyamuk, sehingga temuan penularan virus itu melalui hubungan seksual memicu kekhawatiran WHO.

Layanan Kesehatan dan Kemausiaan Dallas County mengungkapkan bahwa mereka telah menerima konfirmasi temuan kasus virus Zika di Dallas dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Departemen Layanan Kesehatan setempat melalui Twitter, menyatakan bahwa orang terinfeksi virus Zika telah kontak seksual dengan seseorang yang telah melakukan perjalanan ke Venezuela.

”Rincian kasus sedang dievaluasi, tetapi kemungkinan penularan seksual dari orang yang sudah terinfeksi ke orang yang tidak terinfeksi kemungkinan terjadi dalam kasus ini,” demikian bunyi pernyataan departemen itu, seperti dikutip Reuters, Rabu (3/2).

Sementara itu pihak berwenang di Texas menuturkan tidak ada laporan virus Zika yang ditularkan oleh nyamuk di daerah Texas. Para pejabat terkait kini sibuk menyelidiki modus penularan baru virus itu.

Sedangkan sebelumnya, pejabat kesehatan internasional sudah mencatat satu kasus yang mungkin menular dari orang ke orang melalui transmisi seksual. Tetapi Organisasi Kesehatan Pan Amerika mengatakan, masih perlu bukti lebih untuk mengkonfirmasi apakah hubungan seksual telah menjadi sarana transmisi virus Zika.
 

 

Baca Juga

Sekelompok Pria Semprot Cairan Berbahaya di London, 6 Orang Terluka

London – Sebanyak enam orang luka-luka akibat disemprot cairan berbahaya oleh sekelompok pria di sekitar ...