Home / Berita / Dunia / Penyakit Langkah, Kaki Jadi Sebesar Batang Pohon

Penyakit Langkah, Kaki Jadi Sebesar Batang Pohon

Dilansir Mirror.co.uk, seorang wanita di Plano Texas Amerika Serikat menderita penyakit langka yang menyebabkan kaki kanannya bengkak seperti kaki gajah.

Penyakit Langkah, Kaki Jadi Sebesar Batang Pohon

Roseanne Smith berusia 54, menderita penyakitnya itu sejak umur 18 tahun. Tahun 1987 ia didiagnosa menderita penyakit Lymphedema. Di mana cairan limfatik berkembang di bagian lengan, kaki, wajah, atau tangan, dan membuat bagian tubuhnya menjadi sangat bengkak.

Selama beberapa tahun, kakinya terus membesar dan terlihat seperti kaki gajah sehingga aktivitasnya terganggu. Ros hampir menyerah dengan penyakitnya itu, tapi warga Plano melakukan penggalangan dana untuk membantu pengobatan Ros.

Setelah dana terkumpul, ia melakukan pengobatan di Korea Selatan dan bertemu dengan dr. Shim, spesialis Lymphedema. Dokter Shim kemudian melakukan tindakan dengan mengeringkan cairan limfatik sebanyak 30 liter dari kakinya, serta ia menyuntikkan sel induk pada sistem limfatiknya.

Kaki gajah Ros kini telah mengecil hingga 50%. Wanita yang juga berprofesi sebagai penata rambut itu mengatakan sebelumnya kaki Ros tampak besar seperti batang pohon. Saat Ros menderita penyakit langkanya itu, orang-orang di sekitarnya menjauh dan membicarakan tentang penyakitnya itu.

“Ketika saya membandingkan kaki kanan dan kiri saya, saya seperti melihat kaki gajah dan kaki burung. Untuk pertama kalinya saya bisa berjalan tanpa harus menyeret anggota badan saya lainnya” katanya.

Baca Juga

Ini Fatima Al Kaabi, Hijabers Penemu Robot Termuda di Uni Emirat Arab

Jakarta – Banyak hijabers yang sudah menuai ragam prestasi di usia muda. Salah satunya Fatima ...