Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Perang Vietnam Sudah Selesai, Bagaimana Mencari Barang Bekas Penuh Kenangan Perang Ini

Perang Vietnam Sudah Selesai, Bagaimana Mencari Barang Bekas Penuh Kenangan Perang Ini

HANOI: Tas Kotor, helm tentara, pisau berkarat dan radio chunky yang berserakan di sekitar ruangan depan rumah Dinh Van Loc, dia mengubah rumahnya yang terletak di ibukota Vietnam menjadi medan perang yang ditinggalkan.

Menurut  Loc, ini adalah barang-barang berharga yang ia kumpulkan selama bertahun-tahun,  bermula  dari ketertarikan pada saat remaja  terhadap perang dengan Amerika Serikat yang menghancurkan negara itu  dan berakhir hampir empat dekade yang lalu.

Obsesi pria berumur 32  tahun adalah  mengenang zona tempur yang merupakan salah satu peristiwa langka di Vietnam, di mana sebagian besar dari 90 juta penduduknya lahir setelah masa perang.  Beberapa orang memilih untuk melanjutkan dan mengingat kenangan tersebut.

“Dengan seperti ini membantu saya untuk dapat merasakan kehidupan sebagai tentara,” kata Loc, dengan bangga, dia memiliki  lebih dari 2.000 berbagai jenis souvenir perang. “Itulah yang mendorong saya untuk mengumpulkan.”

Dia menunjuk lukisan di kaleng ransum yang pernah dipakai tentara di garis depan, beberapa ada yang bertuliskan nama tentara dan kekasih mereka atau goresan seketsa yang  menyerupai landmark Hanoi.

“Saya bisa merasakan beberapa suasana, hari-hari dimana perang terjadi” kata Loc. “Saya bisa melihat apa yang mereka pikirkan, emosi mereka dan bagaimana mereka kehilangan orang tua mereka.”

Generasi pasca perang  di Vietnam bangga akan warisan mereka yaitu paham komunis,  dididik dalam ideologi sama dengan orang tua mereka, tapi saat ini semakin berubah dan menjurus kapitalisme  terlihat dari banyak beredarnya  smartphone  dan sepeda motor yang lebih menarik.

Namun, luka-luka perang belum sepenuhnya sembuh dan kolektor Lai Dung mengatakan penting bahwa generasi mendatang jangan melupakan perang yang menewaskan jutaan warga Vietnam.

Anak mantan tentara yang saat ini menjadi pembuat kasur berumur 32 tahun memamerkan bagaimana tampilan tentara pada jaman perang,  di pasar Hanoi pada setiap hari Minggu.  Senapan Kalashnikov,  beberapa rudal dan kotak amunisi dan yang tak kalah menarik adalah seragam yang dikenakan oleh pejuang Vietkong berserta sandal yang dibuat dari ban mobil.

Ada banyak souvenir Amerika juga, seperti kalung  besi , bayonet,  jam tangan, dan bahkan serpihan pesawat  US yang jatuh.

“Ini adalah peninggalan pada waktu ketika orang tua kita mengorbankan diri untuk negara kita, sehingga kita menikmati hidup dalam damai saat ini” kata Dung. “Kita bisa melihat nilai dari kehidupan kita sekarang dan mengambil pelajaran.”

Veteran perang Vu Van Bao mengatakan kunjungannya ke pasar mengingatkan kembali kenangan dan pengorbanannya pada saat perang,  yang berperang adalah Vietnam Utara yang komunis melawan AS yang didukung  Vietnam Selatan dan berakhir dengan jatuhnya kota Saigon pada bulan April 1975.

“Ketika saya melihat barang barang tersebut, saya teringat kenangan yang tak terlupakan” kata Bao, 62 tahun dengan bangga, lalu menunjuk topi perang tentara AS yang terbuat dari logam yang dijual. “Aku akan gunakan topi tersebut untuk memasak sayuran” sambil tertawa.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ucapan-Selamat-Tahun-Baru-Islam

BBM dan SMS Kata-Kata Mutiara Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2015 1 Muharram 1437 H

Besok umat islam akan merayakan tahun baru Hijriyah dimana 1 Muharram 1437H jatuh pada hari ...