Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Olahraga / Balap / Peraturan Baru di MotoGP 2016, Raider Harus Ubah 5 Hal Ini di Motornya

Peraturan Baru di MotoGP 2016, Raider Harus Ubah 5 Hal Ini di Motornya

Lima perubahan ada pada ban, mesin, bahan bakar, perangkat elektronik, dan berat motor.

Peraturan Baru di MotoGP 2016, Raider Harus Ubah 5 Hal Ini di Motornya

Perangkat Elektronik / ECU (Electronic Control Unit)

Seluruh tim tanpa kecuali akan menggunakan perangkat lunak yang sama buatan Magneti Marelli. Di musim 2015 ini ECU bikinan Magneti Marelli sudah terpasang di motor Suzuki dan motor lain yang masuk kategori Open. Tiga pabrikan utama, Honda, Ducati, dan Yamaha, masih memakai ECU buatan sendiri.

Dengan situasi seperti itu rider-rider Honda, Ducati, dan Yamaha harus beradaptasi dengan ECU baru. Teknologi ECU produksi Magneti Marelli diklaim tidak semaju buatan Honda, Ducati dan Yamaha. Rossi beberapa hari lalu menyebut kalau penggunaan ECU Magneti Marelli adalah sebuah kemunduran.

Ban

Bridgestone meninggalkan MotoGP dan tempatnya diambil alih Michelin. Sejauh ini para pebalap sepertinya puas dengan kondisi ban belakang yang punya grip bagus terhadap aspal. Namun beberapa keluhan muncul terkait kondisi ban depan, yang dirasa kurang menempel dan menyebabkan beberapa kecelakaan.

Mesin

Seluruh tim yang berpartisipasi musim depan dapat jatah mesin yang sama yakni tujuh. Sanksi akan jatuh apabila ada pebalap atau tim yang memakai mesin melebihi dari yang ditentukan. Jumlah tujuh mesin merupakan peningkatan untuk tim pabrikan karena di musim 2015 ini mereka cuma dijatah lima mesin. Kondisi berbeda untuk tim yang tahun ini berstatus Open karena jatah mesin mereka jadi berkurang lantaran di musim ini ada jatah 12 mesin yang bisa dipakai.

Bahan Bakar

Kapasitas bahan bakar juga dikurangi menjadi 22 liter. Ducati bisa jadi tim yang paling diuntungkan karena kapasitas bahan bakar motor mereka musim ini mereka sudah di angka tersebut. Itu artinya mereka tidak perlu dipusingkan dengan perubahan distribusi berat pada tunggangannya.

Berat Motor

Berat motor juga mengalami penurunan untuk musim depan dari 158 kg di musim ini menjadi 157 kg tahun depan. Angka tersebut menurun 3 kg dibanding dua tahun lalu (160 kg). MotoGP musim 2016 akan dimulai di Qatar pada 20 Maret. Sama seperti tahun ini, akan ada 18 balapan digelar hingga akhirnya seri penutup dihelat di Valencia (13/11/2016).

Below Article Banner Area

Baca Juga

klasemen-baru-poin-rossi-di-motogp-2016

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...