Home / Berita / Perawat Australia yang Dituduh Mendukung ISIS, Diadili di Melbourne

Perawat Australia yang Dituduh Mendukung ISIS, Diadili di Melbourne

Adam Brookman
Adam Brookman

Adam Brookman, perawat yang bekerja untuk kelompok teroris ISIS di Suriah, mulai diadili di Melbourne. Ia ditangkap sepulangnya ke Australia, Jumat (24/7/2015). Brookman merupakan orang Australia pertama yang kembali ke negaranya setelah bergabung dengan ISIS. Ia menyerahkan diri kepada pihak berwajib di Turki beberapa waktu lalu.

Pengacara Brookman dilaporkan telah menegosiasikan kepulangan pria usia 39 tahun dengan pihak berwajib Australia sejak bulan April 2015. Dalam persidangan di Pengadilan Melbourne, Brookman secara resmi didakwa melakukan perbuatan melawan hukum dengan cara membantu kelompok teroris.

Terdakwa sebelumnya mengaku pergi ke Suriah untuk bekerja sebagai tenaga medis namun dipaksa untuk bekerja bagi ISIS.

Dalam sidang terungkap bahwa polisi memerlukan 10 pekan untuk mengumpulkan bukti-bukti di luar negeri termasuk penyadapan telepon. Brookman dalam sidang itu tidak mengajukan penangguhan penahanan. Ia tampak mengenakan pakaian warna hitam dan tidak memberikan komentar apa-apa.

Salah seorang pengacaranya, Rob Stary, mengatakan kliennya sama sekali bukan ancaman bagi warga Australia. Pihak kepolisian sendiri menganggap bahwa Brookman bukan ancaman bagi siapa pun di Australia,” katanya.

Brookman tetap ditahan selama persidangannya berlangsung. *** Rtr

 

Baca Juga

Hamil Tua, Sandra Dewi Makin Cantik Aja

Hot Photo Selasa, 24 Okt 2017 12:34 WIB  ·   Pool – detikHOT Jakarta detikHot ...