Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Perbanyak Air Putih Ketika Berbuka Puasa, Benarkah ?

Perbanyak Air Putih Ketika Berbuka Puasa, Benarkah ?

Bagi umat muslim di dunia, dalam beberapa hari lagi akan melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah membuat semua umat muslim untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan. Dan saat yang paling membahagiakan adalah ketika berbuka puasa, setelah sehari penuh menahan lapar dan haus kita bisa makan dan minum sepuasnya. Terkadang ketika berbuka kita mengawalinya dengan yang manis-manis seperti kurma, syrup, es buah atau yang lainnya. Sunah Rasul mengajarkan bukalah dengan yang manis-manis.

Namun perlu diingat bahwa sesungguhnya air putih adalah cairan paling alami untuk mengembalikan cairan yang terbuang dari tubuh saat puasa. Air putih tidak mengandung pemanis perwarna bahkan pengawet yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu dengan berpuasa kita bisa mengurangi berat badan kita secara tidak langsung, namun jika berbuka dengan terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis maka sama dengan menimbun lemak, karena minuman manis berkalori tinggi.

Manfaat yang lain dari air putih adalah:

1. Pertahankan keseimbangan cairan tubuh

Fakta medis menunjukkan tubuh manusia 60 persen terdiri dari cairan. Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh.

2. Kendalikan kalori

Menjalani program diet dengan melakukan kebiasaan banyak minum air putih adalah strategi menurunkan berat badan. Program diet akan berhasil jika Anda memilih air atau minuman non-kalori sebagai pengganti minuman yang kalori.

3. Bantu bangkitkan otot

Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit akan berakibat pada kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang.

4. Kulit tetap bercahaya

Kulit Anda sebenarnya mengandung banyak air dan berfungsi sebagai benteng dalam mencegah ekses hilangnya cairan tubuh

5. Pelihara fungsi ginjal

Cairan tubuh merupakan media yang juga mentransportasikan sisa atau limbah untuk keluar dan masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urine.

6. Pertahankan fungsi normal usus

Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika Anda tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Alhasil, tentu saja buang air besar Anda akan bermasalah.

Dengan mengetahui manfaat air putih tersebut tentunya bisa dijadikan kebiasaan yang baik bagi kita untuk mengonsumsi lebih banyak air putih dari pada minuman yang berwarna apalagi bersoda. Bukalah dengan yang manis-manis tapi tetap perbanyaklah minum air putih, karena saat puasa tubuh kita membutuhkan 2 liter atau 8 gelas air putih dalam sehari untuk menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa.

“ Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Bulan Ramadhan ”

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ucapan-Selamat-Tahun-Baru-Islam

BBM dan SMS Kata-Kata Mutiara Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2015 1 Muharram 1437 H

Besok umat islam akan merayakan tahun baru Hijriyah dimana 1 Muharram 1437H jatuh pada hari ...