Home / Berita / Politik / Perdebatan Mewarnai Rakornas Jelang Pilkada Serentak

Perdebatan Mewarnai Rakornas Jelang Pilkada Serentak

pilkada langsung

Sejumlah gubernur, bupati maupun walikota Indonesia yang daerahnya akan menyelenggarakan pilkada serentak Desember 2015, hari Senin (4/5) ini menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Turut hadir pula Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, unsur Pimpinan Komisi II DPR, pimpinan BPK RI, pimpinan Kejaksaan Agung, serta Komisioner KPU dan Bawaslu.

Menkopolhukam Tedjo Edhy Perdijatno membuka secara resmi Rakornas. Dalam sambutannya, Edhy mengatakan bahwa sinergitas seluruh stakeholders merupakan kunci utama dalam menyukseskan pilkada serentak yang berkualitas.

Dilanjutkan pula, ini merupakan titik pijak bersama untuk mengawal penyelenggaraan pilkada serentak agar berjalan aman, tertib, dan lancar.

Sementara itu Mendagri Tjahjo Kumolo mengungkapkan kalau Rakornas dimaksudkan untuk membangun harmonisasi dan sinergitas seluruh stakeholders dalam mendukung kelancaran pilkada serentak.

Acara Rakornas yang digelar di Balai Kartini Jakarta ini, sedikit diwarnai hal yang menarik, terjadinya perdebatan seputar konflik yang ada di Partai Golkar maupun PPP. Perdebatan muncul ketika Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly sebagai salah seorang pemberi materi.

Menurut Menkumham, keputusannya menerbitkan SK untuk kepengurusan Golkar pimpinan Agung Laksono telah sesuai dengan UU Parpol. Dirinya menilai wajar jika SK tersebut dipermasalahkan oleh kubu Aburizal Bakrie.

Ditegaskan pula kalau tugas pemerintah hanya melakukan administrasi pencatatan karena konflik internal Golkar telah diselesaikan oleh Mahkamah Partai.

Beberapa peserta Rakornas mengkritik langkah Menkumham yang mengajukan banding pada putusan PTUN terkait konflik PPP.

“Sudah ada putusan PTUN saya banding, karena saya harus membela keputusan yang saya buat,”jawab Yasonna.

Tentu saja jawaban dari sang menteri mendapat celetukan dan suara dari peserta Rakornas.

Melihat suasana semakin riuh, Mendagri langsung mengambil alih dan menenangkan peserta. Mendagri meminta agar peserta kembali fokus pada mmbahas persiapan pilkada serentak.

 

 

 

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...