Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Perekonomian Korea Utara Banyak ditunjang Kaum Perempuan

Perekonomian Korea Utara Banyak ditunjang Kaum Perempuan

kurea_03

Belum lama ini dirilis kalau perekonomian negara Korea Utara sebagian besar ditunjang oleh kaum perempuannya. Hasil penelitian yang dilakukan Institut Unifikasi Nasional Korea (KINU), sebuah lembaga yang dikelola pemerintah Korea Selatan, menyimpulkan kalau para perempuan Korea Utara menghasilkan 70 persen penghasilan keluarga.

Sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai pedagang pasar informal yang terus berkembang dalam beberapa tahun belakangan ini.

Jumlah perempuan pekerja di Korea Utara sendiri sebenarnya hanya mencapai separuh dari 12 juta warga negeri itu yang aktif secara ekonomi.

Sebagian besar pria Korut bekerja sebagai pegawai negeri atau tentara dengan gaji kecil.

“Kami para pria Korea Utara bertarung di garis depan sosialisme namun para perempuan bertarung demi kehidupan,” kata seorang warga Korut bernama Jung (26) yang kabur ke Korsel pada 2012.

Dari Korea Selatan, Jung kini secara reguler mengirimkan uang kepada ibunya yang masih tinggal di Korea Utara untuk modal bisnis beternak babi dan berjualan minuman keras dari jagung.

“Tak ada bantuan dari negara dan ayah saya tak digaji meski memiliki pekerjaan yang harus dilakukan karena merupakan kewajiban,” kata Jung, yang tak memberikan nama lengkapnya demi melindungi keluarganya di Korea Utara.

Lalu, berapa sih sebenarnya penghasilan yang didapat para perempuan Korea Utara dari sektor perdagangan informal itu? Sebuah survei menunjukkan pendapatan para perempuan Korut sebenarnya tak signifikan.

Survei yang dilakukan Aliansi Warga untuk HAM Korea Utara menunjukkan bahwa para perempuan itu menghasilkan pendapatan sebesar 6-18 dolar AS per bulan atau sekitar 50.000-150.000 won Korea Utara.

Sebagai perbandingan, seorang pegawai negeri atau tentara menerima gaji antara 2.000-6000 won setiap bulan. Besaran gaji ini tak bisa membeli satu kilogram beras di kota Hyesan, yang berbatasan dengan China. Di kota itu satu kilogram beras dihargai 8.490 won.

Walaupun peran para perempuan muncul sebagai tulang punggung perekonomian keluarga, tapi di Korea Utara masih sangat sedikit perempuan yang mendapatkan peran penting dalam pemerintahan.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...