Home / Berita / Regional / Peringati Hari Lahir, Museum Pak Harto di Yogyakarta Diresmikan

Peringati Hari Lahir, Museum Pak Harto di Yogyakarta Diresmikan

Museum Pak Harto di Yogyakarta Diresmikan
Museum Pak Harto (okezone.com)
Museum Pak Harto di Yogyakarta Diresmikan – Tanggal 8 Juni adalah hari lahir mantan orang nomor satu di Indonesia, Soeharto. Dan seiring dengan peringatan hari lahir mantan presiden Indonesia ini, museum tentang memorabilia Presiden Soeharto ini kemudian diresmikan di dusun Kemusuk Yogyakarta. Sebagimana yang sudah diketahui oleh banyak orang, Dusun Kemusk adalah tempat dimana sang Smilling Genera, julukan untuk pak Harto, dilahirkan. Alasan historis inilah yang menjadkan pilihan kenapa dusun Kemusuk kemudian didaulat sebagi tempat berdirinya museum pak Harto. Museum itu sendiri menempati rumah yang dulunya dipakai oleh keluarga besar mantan presiden Soeharto atau rumah dimana beliau manghabiskan masa kanak-kanaknya. Dan di 8 Juni 2013 , bersamaan dengan hari lahir mantan orang nomor satu di RI itu, museum mengenai memorabilianya diresmikan di Kemusuk, Bantul, Yogyakarta.

Selain kesibukan persiapan peresmian museum di dusun Kemusuk, Yogyakarta, Liputan6.com juga menulis bahwa di Ndalem Kalitan, Solo, Jawa Tengah juga akan diadakan peringatan hari kelahiran mantan presiden Soeharto. Kabarnya peringatan hari lahir mantan presiden Soeharto ini akan rencananya dilaksanakan pada malam Minggu (8/6/2013) bertempat di Ndalem Kalitan, Solo. Acara ini akan berisi pembacaan surat Yasin, zikir, dan shalawat Pangetan Suwargi. Liputan6.com melansir sejumlah tokoh seperti Akbar Tandjung, Wiranto, Agung Laksono dan Tri Soetrisno akan ikut memperingatai acara ini di Ndalem Kalitan, Solo. Selain itu anak-anak mantan presiden Soeharto atau keluarga Cendana pun dipastikan akan hadir di sana. Sementar itu terkait museum pak Harto yang didirikan di Kemusuk, Yogyakarta, prasasti peresmiannya akan ditandatangani oleh Probosoetedjo selaku adik mantan presiden Soeharto dengan disaksikan oleh putri sulungnya, Siti Hardijanti Rukmana. Upacara peresmian ini diprediksi akan dihadiri oleh sekitar 2000 orang termasuk keluarga Cendana dan beberapa tokoh undangan.

Keponakan Soeharto, Aryo Winoto mebantah isu di masyarakat yang mengatakan bahwa pembangunan museum ini digunakan untuk mengkultuskan mantan presiden RI itu. “Memorial ini dibuat bukan untuk mengkultuskan Soeharto, namun untuk mengenang jasa dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara Republik Indonesia,” ungkap Aryo.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...