Home / Bola / Peringkat Indonesia terus Melorot dalam Ranking FIFA, Portugal dan Prancis Justru Naik

Peringkat Indonesia terus Melorot dalam Ranking FIFA, Portugal dan Prancis Justru Naik

Timnas-Senior

Peringkat Indonesia dalam ranking FIFA kembali melorot. Setelah rilis ranking terbaru FIFA, Kamis (14/7), Indonesia berada di peringkat 191 dengan 65 poin.

Hal tersebut berarti Timnas Indonesia turun empat peringkat bila dibandingkan ranking yang dirilis pada bulan Juni 2016. Saat itu, Indonesia menempati ranking 187 dari 209 anggota resmi FIFA.

Merosotnya ranking Indonesia tidak lepas dari tidak adanya laga uji coba maupun turnamen resmi FIFA yang diikuti Tim Merah Putih. Tanda-tanda Timnas Indonesia akan beruji coba juga masih gelap karena belum berlangsungnya persiapan menuju Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina, 19 November-17 Desember 2016.

Kalau dibandingkan dengan negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, ranking Indonesia hanya lebih baik dari Brunei Darussalam yang menempati ranking 198. Sementara timnas Thailand masih menempati posisi teratas dengan menempati ranking 121.

Jika ingin memperbaiki posisi dalam ranking FIFA, maka Timnas Indonesia harus bisa memanfaatkan secara maksimal 3 agenda yang tersisa uji coba sebelum Piala AFF 2016 pada bulan September, Oktober, dan November. Sementara Turnamen Piala AFF sendiri tidak masuk dalam hitungan FIFA.

Sedangkan, keberhasilan menembus partai puncak Piala Eropa membuat Prancis mengalami lonjakan peringkat. Timnas Prancis naik 10 peringkat dari ranking 17 ke ranking 7 FIFA.

Prancis berada satu tingkat di bawah sang juara Piala Eropa, Portugal yang menempati rangking ke-6 FIFA. Sama halnya dengan Prancis, Seleccao das Quinas juga mengalami kenaikan peringkat dari posisi 8 ke posisi 6.

 

Baca Juga

Praperadilan AW-101 Berisiko Pengaruhi Penyidikan POM TNI

Jakarta – Tersangka proyek pengadaan helikopter Agusta Westland 101 (AW-101), Direktur PT Diratama Jaya Mandiri ...