Home / Tekno / Internet / Perjalanan Sukses Flappy Bird Hingga ‘Meregang Nyawa’

Perjalanan Sukses Flappy Bird Hingga ‘Meregang Nyawa’

Flappy Bird

Flappy Bird bisa dimasukan ke kategori game paling sukses dalam tempo yang sangat singkat. Permainan besuta Dong Nguyen itu meroket cepat dalam tempo kurang dari satu tahun.

Namun sayangnya karena pelbagai hal, Dong Nguyen sang pembesut memutuskan untuk menariknya dari App Store dan Google Play. Dan berikut sekilas rekapitulasi perjalanan Flappy Bird dan serangkaian prestasi yang berhasil diraih dari pertama kali dirilis hingga akhirnya ‘meregang nyawa’.

Tahukah Anda jika Flappy Bird telah diunduh hingga 50 juta kali? Game tersebut juga mampu domonetisasi hingga USD 50 ribu saban harinya. Pendapatan itu dari saru slot iklan yang ditampilkan di sisi atas layar.

(Baca juga: Mau dapat Skor Tinggi di Flappy Bird? Ikuti 5 Tips Berikut)

Namun ada isu yang menyebut jika Flappy Bird sukses berkat bantuan ‘bot’. Ada pula rumor yang mengatakan jika populernya Flappy Bird dari kerja keras tim PR atau pula isu yang menuding jika Flappy Bird adalah game kloningan Nintendo Super Mario Bros.

Pada 24 Mei 2013, Flappy Bird diluncurkan untuk perangkat iOS. Beberapa negara yang masif mengunduhnya yakni Rusia, Jepang, Thailand, Spanyol, Meksiko, Brasil, Belgia, Korea Selatan, dan Chili.

Juni 2013, Flappy Bird jadi aplikasi paling populer di Rusia. Juli – Agustus 2013, Flappy Bird jadi terpopuler di Australia, September 2013, Flappy Bird memutakhirkan game-nya di versi 1.1.0. Pada November 2013, pengguna Flappy Bird di Amerika Serikat sudah mulai bosan.

Desember 2013, Flappy Bird meroket di wilayah Amerika Utara dengan peningkatan jumlah unduhan hingga 25 kali jika dibanding bulan November. Januari 2014, total jumlah unduhan meningkat tajam 136% dari hari ke hari.

(Jangan lewatkan: 10 Alasan Mengapa Flappy Bird Begitu Populer)

Pada 17 Januari 2014, Flappy Bird jadi top aplikasi di App Store untuk wilayah Amerika Serikat. 24 Januari 2014, Flappy Bird melintas ke Android yang mulai tersedia di Google Play. 26 – 31 Januari 2014, Flappy Bird jadi top free aplikasi di Google Play dan App Store untuk wilayah Amerika Serikat dan Kanada.

1 Februari 2014, Flappy Bird jadi aplikasi paling populer untuk perangkat iOS di 53 negara. Pada 5 Februari 2014, Flappy Bird kian meroket dan jadi aplikasi numero uno di 107 negara untuk iPad dan di 109 negara untuk iPhone. Sedangkan di Google Play merambah di 19 negara.

Pada 9 Februari 2014, Flappy Bird ditarik dari Google Play dan App Store oleh Dong Nguyen. Dan pada 10 Februari 2014, di eBay masif ditawarkan ponsel 2nd yang telah terinstall game Flappy Bird untuk dijual.

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...