Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Perokok Cenderung Lebih Malas Bergerak dan Mudah Depresi

Perokok Cenderung Lebih Malas Bergerak dan Mudah Depresi

Rokok

Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan. Merokok pun memiliki pengaruh dalam aktivitas fisik pelakunya. Sebuah penelitian di Brazil menemukan, perokok cenderung menjadi orang yang malas menggerakkan fisiknya dibanding dengan mereka yang tidak merokok. Sebagaimana dikutip dari Daily Mail, perokok juga lebih mudah mengalami gejala kecemasan yang berujung pada depresi.

Motivasi yang dimiliki perokok diketahui juga tidak kuat. Inilah yang membuat mereka menjadi pemalas untuk beraktivitas yang melibatkan fisik.

“Ini adalah studi pertama yang menunjukkan penurunan tingkat obyektif diukur dari aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari perokok dewasa dibandingkan dengan non – perokok,” kata pemimpin peneliti Dr Karina Furlanetto  dari Universitas Negeri Londrina, Brazil.

Dalam studi ini dilibatkan 60 perokok dan 50 non-perokok. Mereka diminta berjalan sembari mengukur perjalanan mereka mereka mamakai pedometer. Mereka diminta berjalan minimal 12 jam per hari selama masa percobaan enam hari.

Hasilnya, perokok diketahui berjalan lebih sedikit dibanding non-perokok. Begitu saat dibandingkan fungsi paru-parunya, perokok memliki nilai yang kurang dibanding bukan perokok. Menurunnya fungsi paru-paru menandakan bahwa perokok kurang mampu fisiknya untuk diajak berolahraga. Saat ditanyakan tentang kualitas kesehatan, perokok merasa lebih mudah lelah. Mereka juga tidak punya motivasi untuk mengubah gaya hidup tidak sehat yang sudah dijalaninya selama ini.  Ini berbeda dengan non-perokok yang jauh lebih baik dalam memaknai kesehatannya.

“Orang yang merokok merasa lebih lelah dan memiliki fungsi paru-paru yang lebih rendah, sehingga kurang mampu berolahraga,” kata Furlanetto.

Pada penelitan lain  yang dilakukan peneliti Charite Berlin Medical School di Jerman, perokok dimungkinkan mendapatkan waktu tidur lebih sedikit dan tidur lebih gelisah dibanding yang bukan perokok. Perokok diketahui tidur malam kurang dari enam jam setiap malam dan sebagian mereka mengalami gangguan di sela waktu tidur.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...