Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Persyaratan Parpol Peserta Pemilu Bakal diperketat, Apa saja?

Persyaratan Parpol Peserta Pemilu Bakal diperketat, Apa saja?

parpol

Persyaratan partai politik peserta Pemilu menjadi satu dari 13 isu krusial yang melatarbelakangi revisi Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu, yang saat ini tengah digodok Kementerian Dalam Negeri.

Tim pakar pemerintah dalam penyusunan RUU Penyelenggaraan Pemilu Dani Syarifudin Nawawi mengungkapkan, draft yang tengah didalami ini nantinya akan menjadi simplifikasi dari tiga undang-undang sekaligus, yakni UU Pileg, Pilpres, dan Parpol. Dalam perkembangannya, syarat parpol peserta pemilu akan diperketat.

“Khusus pemilu 2019 ada alternatif-alternatif. Pertama, menaikkan persyaratan parpol peserta pemilu. Kalau dulu persyaratan verifikasi faktual di tingkat PAC itu menggunakan sampling, maka untuk meningkatkan kualitas parpol peserta pemilu, yang paling pas adalah verifikasi faktual,” papar Dani dalam diskusi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (21/8).

Dengan penambahan mekanisme seperti ini, maka diyakini bakal menyita lebih banyak waktu dan tenaga penyelenggara pemilu. Oleh karenanya, proses ini bisa melibatkan lembaga negara lain yang mempunyai kekhususan dalam bidang sensus.

“Disitulah maka nanti bisa disertakan lembaga di bidang pemerintah yang tugas pokoknya melakukan penelitian, katakanlah BPS (Badan Pusat Statistik) bisa disertakan untuk memverifikasi faktual,” terangnya.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...