Home / Tekno / Gadget / Pertimbangan Konsumen Sebelum Membeli Smartphone

Pertimbangan Konsumen Sebelum Membeli Smartphone

Smartphone Windows Phone

Sebelum memutuskan membeli, ada sejumlah pertimbangan yang dilakukan oleh komsumen. Kira-kira, pertimbangan apa sajakah itu? Mengutip hasil riset Nielsen, berikut ada tiga pertimbangan utama.

1. Brand

Merek atau brand ternyata sangat mempengaruhi pengguna. Bukan spesifikasi dan bukan fitur, namun mereka sangat memandang merek sebuah ponsel pintar. Memang demikian faktanya untuk ranah smartphone.

Ini sangat berbeda dengan ranah ponsel fitur. Pengguna – yang didominasi user baru – tidak terlalu memperdulikan soal brand. Asal bisa dipakai untuk menelepon dan SMS, ponsel berharga terjangkau pasti laris manis.

2. Rekomendasi

Pertimbangan selanjutnya adalah rekomendasi. Ini juga termasuk pendapat dari pihak ketiga seperti review. Terkadang pengguna lebih percaya apa yang dikatakan orang terdekat dibanding melihat fakta yang ditulis media.

Pengalaman user yang telah menggunakan juga tidak bisa dikesampingkan. Terlebih rekomendasi yang ada bersifat word of mouth. Dalam setahun terakhir menurut Nielsen, faktor rekomendasi sangat menentukan laris tidaknya ponsel pintar di pasaran.

3. Media Sosial

Tidak ada yang meragukan media ini. Lewat media sosial angka penjualan ponsel pintar juga bisa digenjot. Tidak sedikit kampanye marketing yang menyasar media sosial baik itu lewat jejaring sosial atau media lain macam blog.

Penetrasi Indonesia

Sementara itu penetrasi ponsel pintar terbesar di dunia terjadi di Hong Kong serta Singapura dengan populasi 87 persen. Indonesia sendiri tercatat hanya mampu sumbang penetrasi 23 persen. Demikian data yang dikutip dari hasil riset Nielsen yang bertajuk Decoding the Asian Mobile Consumer 2013.

Sementara itu laporan dari IDC menyebut jika tahun lalu Samsung masih jadi numero uno raja smartphone yang mendominasi market tanah air. Vendor asal Korea itu bukukan pengapalan 1.137.664 unit. Di posisi dua menasbihkan Andromax dari Smartfren (581.000) kemudian Lenovo (321.901), OPPO (254.407), dan Sony (198.930).

Baca Juga

Nintendo Peroleh Uang $100 Juta Dari Pokemon Go

Pokemon Go memang dibuat oleh Niantic. Tapi rupanya Nintendo memiliki 32% bagian dari The Pokemon ...