Home / Berita / Dunia / Petenis Cantik Maria Sharapova Tersandung Kasus Doping, Ini Penjelasannya

Petenis Cantik Maria Sharapova Tersandung Kasus Doping, Ini Penjelasannya

Maria-Sharapova56

Petenis cantik yang juga bekas nomor satu dunia, Maria Sharapova mengungkapkan kalau dirinya gagal tes doping di ajang Australia Terbuka lantaran mengkonsumsi meldonium. Sharapova pun mengaku tak mengetahui zat itu dilarang dalam olah raga.

Meldonium merupakan obat penambah stamina yang belakangan ini masuk dalam kategori terlarang digunakan di dunia olahraga. Lantaran masalah kesehatan, Sharapova mengkonsumsi obat itu sejak tahun 2006 silam.

Sharapova yang pernah menjuarai lima gelar grand slam mengatakan belum mengetahui sanksi yang akan dia hadapi dengan kondisi itu. Tetapi apa pun itu, dia mengaku siap menanggungnya.

“Saya gagal tes (doping) dan bertanggung jawab penuh untuk itu. Selama 10 tahun saya menggunakan itu (meldonium) yang direkomendasikan oleh dokter saya, dokter keluarga saya,” ujar Sharapova dalam konfrensi persnya, dikutip BBC, Selasa (8/3).

Ditambahkan beberapa hari lalu saya mendapat surat dari ITF. Perlu Anda ketahui, bahwa obat itu dalam 10 tahun terakhir tidak ada di dalam daftar terlarang WADA (badan anti-doping dunia) dan tidak dilarang dalam hukum olah raga.

“Tetapi pada 1 Januari (2016 -red), aturan tersebut telah berubah, meldonium menjadi zat terlarang dan saya tidak tahu hal itu. Sehingga pada grand slam (Australia Terbuka) saya dinyatakan gagal tes,” imbuhnya.

Ketidak-tahuan Sharapova terhadap perubahan daftar obat terlarang WADA diakui sebagai kesalahan dirinya sendiri. Pada 22 Desember 2015, Sharapova mendapat surat dari ITF terkait perubahan tersebut, tetapi luput dari perhatian petenis Rusia itu.

“Saya tidak membuka link dari email yang masuk,” terangnya.

“Saya telah membuat kesalahan besar. Saya telah membiarkan fans saya kecewa, saya juga merusak hal yang paling saya cintai, sesuatu yang saya mulai sejak usia empat tahun. Saya benar-benar berharap diberikan kesempatan untuk tetap bermain,” imbuh Sharapova.

 

 

Baca Juga

Ada Kelainan Organ Tubuh Korban Gladiator, Diduga Karena Kekerasan

Bogor – Polisi mengautopsi jenazah Hillarius Christian Event Raharjo, siswa SMU Budi Mulia yang jadi ...