Home / Bola / Piala Kemerdekaan 2015 Dipimpin Wasit ‘Hantu’!

Piala Kemerdekaan 2015 Dipimpin Wasit ‘Hantu’!

piala kemerdekaan

Penyelenggaraan Piala Kemerdekaan 2015 terus diterpa isu tak sedap. Kali ini muncul pernyataan dari Ketua Komisi Disiplin PSSI, Ahmad Yulianto yang menegaskan bahwa ada sosok wasit fiktif yang bertugas di turnamen Piala Kemerdekaan atas nama Aris Munandar.

Seperti keterangannya dalam konferensi pers yang digelar di kantor PSSI pada  Kamis (27/8), Ahmad menyebut bahwa Aris dan Bagong Yuwono (asisten wasit) adalah sosok yang masih memiliki rapor merah dan bermasalah. Menurut Ahmad, Aris dan Bagong telah terbukti dan mengakui menerima uang sebesar 50 juta rupiah saat memimpin pertandingan pada tahun 2013 lalu.

Atas pelanggaran yang mereka lakukan, Aris dihukum seumur hidup sedangkan Bagong mendapatkan sanksi empat tahun. Masalah tidak sampai di situ saja. Berdasarkan penelusuran Komdis, Aris tercatat tiga kali memimpin pertandingan dalam waktu yang bersamaan.

“Aris Munandar menjadi inspektur wasit di dua lapangan pada saat yang bersamaan. Artinya, mana mungkin Aris Munandar itu bisa hadir di dua lapangan? Ini berarti ada satu yang fiktif tetapi diberi nama Aris Munandar” tegas Ahmad.

Meski terdapat pelanggaran, Ahmad menegaskan bahwa Komdis tidak akan menjatuhkan sanksi pada Aris dan Bagong. “Mereka sudah dijatuhi hukuman sebelumnya. Jadi apa yang terjadi pada kasus ini bisa dijadikan pantauan bagaimana sebetulnya niatan baik memperbaiki tata kelola sepakbola dilaksanakan” pungkas Ahmad.

Tiga pasang pertandingan yang mencantumkan nama Aris Munandar sebagai wasit dalam waktu bersamaan:

  1. Mojokerto Putra vs Perserang, 15 Agustus 2015 pukul 18.30 WIB
  2. Persis Solo vs PPSM Magelang, 15 Agustus 2015 pukul 19.00 WIB
  3. Persidago vs Yakohimo FC, 18 Agustus 2015 pukul 15.00 WIB
  4. Persika vs Cilegon United, 18 Agustus 2015 pukul 15.00 WIB
  5. Perserang vs Persika, 20 Agustus 2015 pukul 15.00 WIB
  6. Cilegon United vs Yakuhimo FC, 20 Agustus 2015 pukul 15.00 WIB

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...