Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Pilgub DKI 2017 ; Ahok Bilang : Kalau Form Dukungan Pakai Meterai, Sama Saja Bikin Calon Perseorangan Untuk Bangkrut

Pilgub DKI 2017 ; Ahok Bilang : Kalau Form Dukungan Pakai Meterai, Sama Saja Bikin Calon Perseorangan Untuk Bangkrut

ahok24

 

 

Di dalam perubahan Kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan kepala daerah ditambahkan satu ayat yang menginginkan agar surat pernyataan dukungan terhadap calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah ditambahkan meterai.

Dalam Pasal 14 ayat 8 disebutkan bahwa meterai dibubuhkan pada perseorangan, dalam surat pernyataan dukungan dihimpun secara perseorangan atau meterai dibubuhkan pada dokumen kolektif per desa, dalam surat pernyataan dukungan dihimpun kolektif per desa.

Terkait hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengungkapkan, penggunaan materi ini tidak diperuntukan kepada form dukungan masyarakat kepada calon perseorangan. Melainkan, untuk calon kepala daerah bersama pasangan menyerahkan dokumen dukungan tersebut kepada KPU.

“Jadi gini, cara menafsirkan hukum. Kalau Anda mau mencalonkan diri sebagai calon perseorangan maka Anda berdua harus membuat pernyataan siapa yang mendukung anda di atas meterai. Bukan orang yang dukungnya, tapi kami yang harus membuat meterai,” ujarnya di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (20/4).

Ditambahkan oleh Ahok, terus di dalam undang-undang disebutkan untuk memverifikasi pernyataan kami di atas meterai, benar atau tidak benar dukungan tersebut. Maka KPUD akan turun ke lapangan menanyakan nama-nama pendukung pasangan perseorangan tersebut apakah benar memberi dukungan.

Sehingga, adanya form dukungan yang telah digalang oleh Teman Ahok hanya menjadi pegangan Ahok. Bila mana ada pihak yang berubah pikiran maka dapat dijadikan pegangan oleh calon perseorangan.

“Jadi gini sebenarnya, saya boleh enggak minta orang dukung saya? Boleh. Saya cap meterai. Tapi kenapa saya butuh formulir dia? Saya takut waktu KPUD datang ke dia, ‘enak aja lu, main masukin nama gue’. Kalau seperti itu aku akan bilang, ‘iniloh bukti dukungan lu ke gua’,” terangnya.

Kalau ternyata orang yang telah memberikan dukungan tersebut berubah sikap, maka KPUD DKI Jakarta akan memberikan satu formulir. Di mana formulir tersebut mempertegas sikap orang itu bahwa tidak lagi mendukung pasangan calon perseorangan.

“Jadi kalau dia tetep bilang gak dukung, KPUD akan kasih satu formulir pernyataan. Lu buat pernyataan pakai meterai, lu bilang gak dukung,” imbuh Ahok.

Lebih lanjut Ahok mengungkapkan, kalau masing-masing form dukungan menggunakan meterai sama saja membuat pasangan calon perseorangan untuk bangkrut.

“Itu namanya mau calon perseorangan bangkrut dong kalau kasih meterai,” jelasnya.
 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...