Home / Berita / Pilgub DKI 2017; Ahok Minta Peran Bawaslu Diperkuat, ini alasannya

Pilgub DKI 2017; Ahok Minta Peran Bawaslu Diperkuat, ini alasannya

377.ahok-_140924145627-239

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa Ahok meminta peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diperkuat untuk mengawasi kampanye calon kepala daerah. Ahok tak sepakat kalau kekhawatiran penggunaan fasilitas negara dijadikan alasan untuk mewajibkan petahana cuti.

“Pemohon berpandangan, untuk mencegah adanya abuse of power atau pelanggaran sejenis dari petahana, pemerintah bersama DPR (harus) memperkuat fungsi, tugas serta wewenang institusi yang sudah ada sesuai peraturan perundang-undangan, yakni Bawaslu. Hal itu lebih memenuhi rasa keadilan dan tidak merugikan hak konstitusional pemohon,” ujar Ahok saat sidang di Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (31/8).

Tugas Bawaslu diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum (PPU).

Ahok mengungkapkan kalau Pasal 1 angka 16 dalam undang-undang itu mengatur bahwa Bawaslu adalah lembaga penyelenggara pemilihan umum yang bertugas mengawasi penyelenggaraan Pemilu di seluruh Indonesia.

“Pasal 75 ayat 1 dari UU PPU juga mengatur bahwa Bawaslu Provinsi bertugas dan berwenang mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu yang meliputi pelaksanaan kampanye,” jelas Ahok.

Baca Juga

Apa yang Harus Pendaki Gunung Lakukan Saat Diterjang Badai Salju?

Jakarta – Bila mendaki gunung-gunung di Eropa atau di Himalaya, salah satu tantangannya adalah badai ...