Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Pilgub DKI 2017; Dalam Lakukan Verifikasi Faktual, KPU DKI akan Libatkan warga, Ini Alasannya

Pilgub DKI 2017; Dalam Lakukan Verifikasi Faktual, KPU DKI akan Libatkan warga, Ini Alasannya

KPUD dki

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bakal merekrut warga untuk membantu proses verifikasi faktual kalau jumlah panitia pemungutan suara (PPS) tidak cukup. Metode verifikasi dukungan calon independen yang dipakai sama seperti PPS, yakni metode sensus dengan datang ke rumah-rumah warga.

“Pada dasarnya yg melakukan adalah PPS tapi kalau kemudian mereka tidak cukup, ya warga disekitarnya,” ujar Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno di Balai kota, Jakarta, Rabu (15/6) kemarin.

Dikatakan, dengan bantuan warga tugas KPU untuk memverifikasi seluruh KTP dukungan yang masuk akan jauh lebih mudah. Sebab, warga lebih mengetahui alamat tetangga mereka sehingga verifikasi lebih efektif dan efisien.

“Kan juga memastikan, kalau warga sekitar kan tahu, oh ini rumahnya, tapi kalau dari luar daerah kan enggak tahu,” paparnya.

Namun, KPU tidak sembarangan dalam merekrut warga. Sumarno menegaskan kalau warga yang direkrut sebagai verifikator adalah mereka yang bukan bagian dari tim sukses bakal calon gubernur atau anggota dari partai politik.

“Tapi nanti ada aturannya, panduannya. Misanya yang direkrut, verifikator itu tentu bukan orang yang tim sukses calon yang lain, bukan porter dari anggota partai dan sebagainya gitu. Ini yang menekankan pada netralitas calon,” imbuhnya.

Sekedar tambahan informasi, penyerahan dukungan calon perseorangan akan dilakukan pada tanggal 3 sampai 7 Agustus 2016. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan verifikasi administrasi sampai tanggal 12 Agustus 2016. Sedangkan verifikasi faktual akan memakan waktu sekitar 14 hari dimulai pada tanggal 21 Agustus sampai 3 September 2016.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...