Home / Berita / Politik / Pilgub DKI 2017 ; Pengamat Bilang Fenomena Ahok itu Unik, Apa Maksudnya?

Pilgub DKI 2017 ; Pengamat Bilang Fenomena Ahok itu Unik, Apa Maksudnya?

ahok43349

Pemilihan Gubernur (pilgub) DKI masih tersisa satu tahun lagi. Namun persaingan menuju kursi DKI 1 dipanaskan dengan munculnya sejumlah figur dari berbagai latar belakang yang mencalonkan diri sebagai calon gubenur. Ada pengusaha, politisi, dan mantan menteri.

Walau demikian, perhatian tetap tertuju pada calon pertahana Basuki Tjahja Purnama atau Ahok yang berani maju lewat jalur perseorangan independen.

Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI, Syamsuddin Harris mengungkapkan bahwa hal itu merupakan sebuah fenomena unik karena Ahok berani maju lewat jalur independen di waktu yang terbilang sangat singkat menjelang Pilkada.

Bahkan menurutnya, pembukaan pendaftaran calon gubernur yang dilakukan partai politik sebagai sebuah kebingungan dan kepanikan untuk melawan Ahok.

“Saya pikir fenomena Ahok itu unik. Beliau meninggalkan parpol menjelang pilkada dan menyatakan maju secara independen. Saya pikir parpol bukan semata-mata bingung tapi juga panik, sebab parpol tidak memiliki kader yg dianggap layak. Maka yang dilakukan PDIP, itu fenomena yang unik juga dengan membuka pendaftaran calon,” ujarnya dalam acara di Jakarta Selatan, Rabu (20/4).

Dilanjutkan pula, pembukaan calon sebenarnya kepanikan dari parpol karena tidak ada imajinasi melahirkan pemimpin dari kader internal.

 

 

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...