Home / Berita / Regional / Pilgub Riau Digelar Hari Ini, KPU Riau Yakin 70 Persen Tidak Golput

Pilgub Riau Digelar Hari Ini, KPU Riau Yakin 70 Persen Tidak Golput

Pilgub Riau : Warga melakukan pelipatan surat suara Pilkada Gubernur Riau di kantor KPU Kota Pekanbaru
Pilgub Riau : Warga melakukan pelipatan surat suara Pilkada Gubernur Riau di kantor KPU Kota Pekanbaru
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Riau, Rabu, 4 September 2013, siap digelar. Sebanyak 4.000.459 orang akan menyalurkan suara di 11.669 TPS yang tersebar di 12 kabupaten kota di Provinsi Riau. Pemungutan suara dilakukan pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB. Komisi Pemilihan Umum Riau menetapkan hari libur dalam pemilihan gubernur ini.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau optimistis partisipasi warga dalam Pilgub Riau tahun ini lebih tinggi dibanding lima tahun sebelumnya. Ditargetkan partisipasi warga dalam pilgub tahun ini mencapai 70 persen.

Diakuinya, tingkat partisipasi warga pada Pilgub Riau 2008 sangat rendah. Hampir separuh masyarakat yang terdaftar dalam DPT tidak menggunakan hak suara mereka alias golongan putih (golput).

“Harapan kami minimal 70 persen masyarakat bisa menggunakan hak suaranya. Kami yakin itu,” kata Ketua KPU Riau, Tengku Edy Sabli.

“Pilkada lalu, partisipasi masyarakat rendah. Hanya 59 persen yang menggunakan hak suaranya,” Lanjutnya.

Pilgub Riau 2013 diikuti lima pasangan calon. Mereka adalah Herman Abdullah-Agus yang diusung Partai Gerindra dan sejumlah partai menengah dan gurem, Anas Makmun-Andi diusung Partai Golkar, Jon Erizal-Mambang Mit diusung PAN dan PKS, Lukman Edy-Suryadi Khusaini diusung PDIP dan PKB, serta Achmad-Masrul dari Partai Demokrat.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...