Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Pilkada 2017, KPU Susun Aturan Khusus Untuk Daerah DKI, Aceh, dan Papua Barat, Apa Saja?

Pilkada 2017, KPU Susun Aturan Khusus Untuk Daerah DKI, Aceh, dan Papua Barat, Apa Saja?

xat.com Image Optimizer

Pilkada 2017 sepertinya akan terasa spesial sekali karena ada sejumlah daerah khusus yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah, satu diantaranya DKI Jakarta. KPU pun akan membuat aturan khusus terkait hal ini.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengungkapkan bahwa penyusunan aturan di daerah khusus tersebut merujuk pada UU masing-masing daerah. Sebagai contoh, di Aceh ada syarat khusus dan parpol lokal di Aceh.

“Kalau di DKI, harus diatur minimal perolehan suara 50+1 persen. Jadi di DKI bisa saja dua putaran,” ujar Hadar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/3).

Seperti diketahui kalau selama ini, Pilkada di daerah-daerah lain ditetapkan hanya berlaku satu putaran. Pemenangnya berdasarkan pemilik suara terbanyak.

Sedangkan, di Papua Barat misalkan ada aturan soal putra daerah. Aturan ini akan disusun dalam Peraturan KPU (PKPU).

Saat ini, KPU mengkonsultasikan PKPU pertama soal tahapan program, dan jadwal penyelenggaraan Pilkada dengan Komisi II DPR. Dalam rancangan peraturan, pembentukan panitia adhoc berupa PPK dan PPS paling lambat 29 Juni 2016.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...