Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Pipis di Kolam Renang Membahayakan Jantung

Pipis di Kolam Renang Membahayakan Jantung

pipis di kolam renang

Sekalipun kolam renang memiliki banyak air di dalamnya, usahakan untuk tetap buang air kecil di toilet kala Anda merasakannya. Terutama pada kolam renang umum yang biasa diberikan cairan klorin, bisa menjadi bahan berbahaya kala bersentuhan dengan air kencing. Bahaya bahkan sampai berisiko terhadap kesehatan jantung.

Seperti dikutip Tempo dari Times, sebenarnya bagi para profesional yang menggeluti dunia renang, hal tersebut sudah lama diketahui. Namun bagi masyarakat awam, buang air kencing sembari berenang dianggap suatu hal yang bisa dimaklumi.

Menurut laporan dalam studi yang dilakukan American Chemicl Society (ACS), pertemuan klorin dengan air kencing dapat memunculkan senyawa yang disebut dengan cyanogen chloride (CNCI). Di samping itu, senyawa lain yang ikut muncul aadalah trichloramine (NCI3). Kedua senyawa ini jika masuk ke dalam tubuh dikaitkan dengan terjadinya masalah pasa paru-paru, jantung, dan sistem saraf pusat.

Pada kolam renang umum, pemberian klorin dimaksudkan untuk lebih memberikan sterilisasi pada air. Penggunaan air untuk orang banyak dimungkinkan terjadi perpindahan banyak mikroba dari tubuh ke dalam air. Klorin dicampurkan pada air agar mikroba pada kolam renang segera terbunuh. Namun begitu klorin bersentuhan dengan air kencing akan terjadi reaksi kimia yang tidak diinginkan.

Dalam studi ini, peneliti melakukan percobaan laboratorium dengan menyampurkan klorin bersama air kencing. Cara yang digunakan adalah teknik membran pengenalan spektometri. Hasil yang didapat yaitu kemunculan dua senyawa membahayakan yaitu CNCI dan NCI3.

“Masih banyak orang yang salah paham bahwa berkemih di kolam adalah hal yang biasa. Padahal, di kalangan perenang profesional, mereka sudah sangat mengerti bahayanya,” kata Ernest R. Blatchey III, penulis studi yang juga profesor teknik sipil di Purdue University, West Lafayette, AS.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika merasakan ingin buang air kecil segera beranjak naik dari kolam renang menuju ke toilet. Dengan begitu berarti telah berperan serta dalam membantu pencegahan sakit bagi semua pengguna kolam renang.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...