Home / Berita / Politik / PKS Tak Takut Menterinya Dicopot Dari Kabinet

PKS Tak Takut Menterinya Dicopot Dari Kabinet

PKS Tak Takut Menterinya Dicopot Dari Kabinet
Ilustrasi (viva.co.id)

PKS Tak Takut Menterinya Dicopot Dari Kabinet – PKS yang terang-terangan membelot dari koalisi tampaknya sudah tak bisa dicegah lagi. Ini terbukti dari pernyataan mereka yang seolah tak takut dan mempersilahkan presiden SBY jika ingin mencopot menterinya dari jajaran kabinet. PKS mempersilahkan presiden SBY mencopot kadernya yang saat ini duduk di kursi kabinet dan tak akan menghalanginya karena ini adalah hak preorgratif presiden. Setidaknya inilah yang diungkapkan oleh anggota Majelis Syura PKS Jazuli Juwaini. Kepada Inilah.com melalui pesan singkat BlackBerry Massenger Jumat kemarin (14/06/2013), Jazuli Juwaini mengatakan bahwa PKS telah mewakafkan menterinya kepada preiden. Jadi terserah presiden dan menjadi hak perogratif SBY untuk mempertahankan atau bahkan mendepak menterinya yang berasal dari kader PKS. Jazuli juga mentakan bahwa tidak masalah jika menteri PKS yang duduk di kabinet mendukung kenaikan BBM  dan bersebrangan denagn partai yang menaungi mereka. Namun PKS tak mepermasalhkan hal ini dan menganggap itu memang sudah sewajarnya.

Sebagaimana kita tahu, PKS terancam didepak dari koalisi karena terus ngotot dan kekeuh menolak kenaikan BBM. Sebagai partai koalisi, tindakan PKS ini pun menuai pro dan kontra. Dan rumor yang berhembus, didepaknya PKS dari koalis hanya tinggal menunggu waktu saja. Ancaman didepaknya PKS dari koalis ini pun tampaknya akan berpengaruh atas masa depan menteri mereka yang saat ini duduk di Kabinet SBY. Setidaknya ada 3 menteri dari PKS yang saat ini duduk di Kabinet yakni Menteri Sosial Jufri Assegaf, Menteri Pertanian Suswono dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring. Ketiga menteri tersebut mengungkapkan bahwa merek mendukung rencana kenaikan harga BBM yang diudung oleh SBY. Namun pernyataan mereka ini bertolak belakang dengan keputusan PKS yang secara bulat menolak rencana ini dan bahakan terancam dikeluarkan dari koalisi. Rencana pendepakan PKS dari koalisi tentu saja akan sangat berpengahruh pda nasib ketiga menteri di atas. Rumor yang beredar menyebukan bahwa SBY akan mendepak satu menteri dari PKS jika ketiganya tak ada inisitif untuk mengundurkan diri.

Rumor rencana pendepakan satu menetri ini dinyaakan oleh Ketua DPP Demokrat, Sutan Bathoegana Siregar, saat ditemui wartwan Jumat kemarin. “Kalau tak keluar, ya menterinya dikurangi satu. Kan sebelumnya menteri dari PKS juga dikurangi satu, dari empat tinggal tiga. Sebagai partai pendukung koalisi, pengurangan jatah menteri merupakan sanksi berat,” ungkap Sutan seperti yang dilansir oleh JPNN.

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...