Home / Berita / Dunia / PM Tony Abbott Lengser Setelah dikalahkan Malcolm Turnbull

PM Tony Abbott Lengser Setelah dikalahkan Malcolm Turnbull

Perdana Menteri Australia Tony Abbott kalah oleh mantan Menteri Komunikasi Australia Malcolm Turnbull dalam pemilihan ketua Partai Liberal. Dengan demikian maka bisa dipastikan rakyat Australia akan punya Perdana Menteri baru mereka dalam delapan tahun terakhir.

Turbull sendiri seperti dilaporkan berhasil mempecundangi Abbott dengan angka cukup telak.

“Turnbull mendapatkan 55 persen suara, sedangkan Abbott hanya mendapatkan 45 persen suara dalam pemilihan yang berlangsung beberapa saat lalu tersebut,” tutur tokok Partai Liberal, Scott Buchholz.

Seperti diketahui, di Australia, seorang Perdana Menteri dapat dengan mudah dilengserkan oleh Parlemen. Dengan kalahnya Abbot oleh Turnbull, maka dapat dipastikan dukungan Partai Liberal terhadap Abbott telah luntur, sehingga dengan demikian membuat Abbott secara tidak langsung lengser sebagai pemimpin Negeri Kanguru itu.

Sedangkan melansir dari Reuters pada Senin (14/9), sekutu lama Abbott yang berubah haluan menjadi salah satu rival terbesarnya, yakni Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop berhasil menduduki jabatan Wakil Ketua Partai Liberal.

Pemilihan yang dilakukan secara mendadak ini terjadi setelah Abbott menerima tantangan dari Turnbull.

Turnbull melemparkan tantangan kepada Abbott untuk mengundurkan diri dan bersaing dengannya untuk memimpin Partai Liberal.

Abbott sendiri sebenarnya popularitasnya baik dalam internal Partai maupun di mata Masyarakat Australia dikabarkan terus menurun. Hal itu disebabkan Karena Abbott dinilai sering salah mengambil kebijakan, dan juga sering salah mengeluarkan pernyataan, yang terkadang memancing kontroversi.

 

 

Baca Juga

Mulai Penyelidikan Baru Kasus e-KTP, KPK: Untuk Penguatan Perkara

Jakarta – KPK memberi konfirmasi soal penyelidikan baru dalam kasus e-KTP. Enggan membuka penyelidikan mengarah ...