Home / Berita / Ibu Kota / Polda Metro Jaya Ungkap kalau Sistem “ganjil-genap” efektif atasi kemacetan di Wilayah Jakarta

Polda Metro Jaya Ungkap kalau Sistem “ganjil-genap” efektif atasi kemacetan di Wilayah Jakarta

569.macet

 

Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menganggap kalau sistem nomor polisi “ganjil-genap” akan efektif mengatasi kemacetan kendaraan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Kami berpendapat pembatasan kendaraan di Jakarta sangat diperlukan saat ini sistem ganjil-genap masih dibahas,” kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Latif Usman di Jakarta Jumat (17/6) seperti dikutip Antara.

AKBP Latif menambahkan sistem ganjil-genap sebagai solusi yang tepat membatasi operasional kendaraan guna mengatasi kemacetan lalu lintas.

Terlebih lagi sistem kendaraan wajib berpenumpang lebih dari tiga orang atau “3 in 1” sudah tidak diberlakukan.

Latif pun menyebutkan pertumbuhan jalan tidak seimbang dengan peningkatan jumlah kendaraan sehingga mengakibatkan kemacetan lalu lintas di Jakarta.

“Jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan pertumbuhan infrastruktur sehingga perlu pembatasan melalui sistem ganjil-genap bisa menjadi salah satu alaternatif,” imbuh AKBP Latif.

Latif pun memperkirakan sistem ganjil-genap mampu mengurangi jumlah kendaraan hingga 50 persen di Jakarta.
 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...