Home / Berita / Polisi Grebek Pabrik IPhone Palsu Terbesar di Pinggiran Beijing

Polisi Grebek Pabrik IPhone Palsu Terbesar di Pinggiran Beijing

dok

Polisi China mengungkap sebuah informasi rahasia tentang aksi penggerebekan sebuah pabrik perakitan IPhone palsu  yang berlangsung di pinggiran Beijing pada Mei lalu. Informasi ini baru diungkap ke publik pada hari Minggu 26 Juli, karena dianggap bisa membahayakan pasar IPhone dunia. Lokasi yang digrebek adalah sebuah rumah yang diperkirakan telah satu tahun terakhir  dijadikan sebagai tempat perakitan IPhone.

Kepolisian China memperkirakan, dalam setahun perusahaan itu mampu menghasilkan lebih dari 41.000 unit IPhone bernilai 120 juta Yuan atau Rp 270 Miliar. Produk perusahaan itu tidak hanya beredar di Asia, tapi juga di Eropa dan Amerika.  Produk yang dihasilkan termasuk IPhone keluaran terbaru.

Dari penggerebekan itu, polisi telah menahan sembilan orang yang ditangkap di lokasi.

Aksi pemalsuan produk IPhone di China sebenarnya sudah lama dikeluhkan oleh perusahaan Apple di Amerika, tapi selama ini perusahaan itu sudah sekali terdeteksi. Setelah melakukan pelacakan cukup lama, akhirnya rumah produksi IPhone palsu itu berhasil diketahui kepolisian China.

Untuk keamanan pasar, informasi penggerebekan itu sengaja dirahasiakan secara ketat.  Tapi informasi ini akhirnya terbongkar media setempat dan menjadi konsumsi public pada hari Minggu 26 Juli.

Otak pemalsuan itu adalah sepasang suami istri yang diketahui bernama  Yu, 43, dan isterinya, Xie, 40. Awalnya mereka membuka usaha itu dengan mempekerjakan enam orang pekerja. Produk yang mereka hasilkan hampir 98 persen mirip dengan produk asli.

Hanya dua bulan berselang, perusahaan itu terus berkembang hingga akhirnya pasangan suami istri mampu mempekerjakan 100 karyawan. Mereka bertugas merakit komponen, membungkus dan kemudian mengekspornya ke berbagai negara.

Saat penggerebekan berlangsung,  polisi menyita 1.400 IPhone yang siap dipasarkan dan sejumlah elemen dan bahan rakitan Iphone.

Pihak Apple di Amerika enggan mengomentari kabar penggerebekan pabrikan palsu ini. Mereka mengaku akan bekerjasama dengan kepolisian China untuk mengusut tuntas aksi pemalsuan itu. Apple juga menolak menjelaskan soal produk palsu IPhone yang kini banyak beredar di pasaran.  *** Reuter

Baca Juga

Musim Penghujan, 16 Kecamatan di Kabupaten Bandung Rawan Banjir

Kabupaten Bandung – Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengajak seluruh ...