Home / Berita / Pondok Labu dilanda Banjir, Wagub DKI Djarot Janji akan Tertibkan Hunian Liar Pinggir Kali

Pondok Labu dilanda Banjir, Wagub DKI Djarot Janji akan Tertibkan Hunian Liar Pinggir Kali

-genangan-air-di-pondok-labu-

Jakarta kembali diguyur hujan deras Jumat (20/8) kemarin malam. Akibatnya, beberapa lokasi tergenang air. Adapun kondisi terparah terjadi di di Gang Melati 2 dan 3, Kelurahan Pondok Labu RT 9 RW 2, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Bukan hanya banjir, longsor pun terjadi di kawasan itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku sudah meninjau lokasi banjir tadi malam. Djarot mengatakan kalau salah satu penyebab banjir adalah banyaknya hunian liar yang dibangun di bantaran kali Krukut.

Pemukiman di pinggir kali itu, lanjutnya, sudah memakan garis sepadan sungai. Akibatnya, tanggul pembatas sungai jebol karena tak kuat menahan debit air.

“Saya cek tadi malem kesono banjir luar biasa. Karena jebol tanggulnya. Ini lah kenapa? Karena diatas itu ada banyak hunian juga rumah-rumah waktu di Kampung Makassar sudah saya sampaikan. Itu sudah tergerus air toh, dia udah memakan garis sepadan sungai gitu loh ya. Bagaimana enggak jebol? Jebol gitu ya,” jelas Djarot di Kampung Tanah Tinggi, Jakarta, Sabtu (20/8).

Supaya kawasan itu bebas banjir, Djarot berjanji akan segera memperbaiki tanggul yang jebol, termasuk menertibkan bangunan yang dibangun di pinggiran kali. Penertiban tersebut harus dilakukan agar proyek pembangunan dinding (sheet pile) turap bisa berjalan.
 

Baca Juga

Rani Hatta Pamer Koleksi Terinspirasi Ruang Bimbingan Konseling di JFW 2018

Jakarta – Pekan mode Jakarta Fashion Week (JFW) 2018 resmi dibuka pada Sabtu (21/10/2017). Di ...