Home / Berita / Dunia / Presiden AS Obama Resmikan Monumen Perjuangan LGBT, ini Alasannya

Presiden AS Obama Resmikan Monumen Perjuangan LGBT, ini Alasannya

obama55

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, meresmikan monumen menghormati kaum LGBT di dekat Bar Stonewall, Distrik Manhattan, Kota New York. Lokasi yang dipilih kalau dulunya pernah menjadi tempat bentrok aktivis penyuka sesama jenis dengan polisi pada 1969.

Presiden Obama mengungkapkan kalau insiden penyerangan kaum LGBT di Stonewall harus selalu dikenang oleh rakyat Amerika. Dia menyatakan monumen nasional itu akan mencakup lokasi seluas 3 hektar, hingga kawasan Taman Christopher.

“Saya percaya sebuah museum nasional harus merefleksikan kisah bangsa kita secara utuh, yakni keberagaman manusia yang hidup di negara ini,” ujar Obama lewat rekaman video seperti dilansir BBC, Sabtu (25/6).

Video sambutan Obama ditayangkan di Times Square, pusat kota New York, bertepatan dengan pawai Gay Pride. Pembangunan monumen tersebut tidak memperoleh penolakan dari kelompok intoleran sayap kanan yang biasanya beraksi di AS.

Seperti diketahui kalau peristiwa penyerangan Bar Stonewall terjadi pada Juli 1969. Ketika itu Kepolisian New York menyerang rombongan homoseksual yang hendak membeli bir di kedai tersebut.

Obama menuturkan semangat para aktivis LGBT melawan polisi di Stonewall harus dikenang.

“Kita lebih kuat ketika bersatu, apapun latar belakang kita,” ujar Obama.

 

 

 

 

Baca Juga

Tim AHRT Kunci Gelar Juara ARRC 2017 Kelas AP250

Chennai – Astra Honda Racing Team (AHRT) mengunci gelar juara tim Asia Road Racing Championship ...