Home / Berita / Dunia / Presiden Benigno Aquino III Minta Maaf Pasca Abu Sayyaf Bantai 18 Tentara Filipina

Presiden Benigno Aquino III Minta Maaf Pasca Abu Sayyaf Bantai 18 Tentara Filipina

Presiden Benigno Aquino III

 

Presiden Filipina, Benigno Aquino III, kemarin mengunjungi keluarga dari 18 tentara Filipina yang dibantai kelompok Abu Sayyaf pada pertempuran di Basilan hari Sabtu silam. Presiden Aquino pun meminta maaf kepada keluarga korban.

Permintaan maaf Presiden Aquino disampaikan di Edwin Andrews Air Base (EAAB) pasca sejumlah pihak keluarga tentara menuntut penjelasan atas aksi terburuk pemerintah Filipina dalam kampanye antiteroris sejak pembantaian Mamasapano 15 bulan yang lalu.

”Dia berkata, ‘Maaf’. Dia mengatakan, dia di sini untuk menyampaikan maaf dan memberikan bantuan,” ujar Rosalinda Dominguez, bibi Pfc. Doreen Aspurias, salah satu tentara Filipina yang jadi korban Abu Sayyaf.

Dikatakan Dominguez sebagian besar keluarga yang bertemu dengan Aquino, sedang mencari jawaban mengapa bala bantuan begitu lama untuk menyelamatkan tentara dari Batalyon Infanteri 44 yang dikerahkan untuk melacak Abu Sayyaf.

Seperti diketahui operasi militer Filipina diluncurkan sejak Sabtu lalu setelah marak penculikan warga asing oleh Abu Sayyaf demi uang tebusan. Salah satu faksi Abu Sayyaf juga menyandera 10 warga negara Indonesi (WNI) sejak Maret lalu dan hingga kini belum dibebaskan. Tetapi, 10 WNI dipastikan tidak berada di Basilan atau medan tempur militer Filipina dan Abu Sayyaf.

Disamping 18 tentara Filipina tewas dalam pertempuran dengan Abu Sayyaf di Tipo-Tipo, Basilan, lebih dari  50 tentara lainny terluka. Belasan tentara yang tewas telah dianggap sebagai pahlawan Filipina.

Dominguez menjelaskan bahwa Presiden Aquino mengatakan bahwa penyelamatan datang terlambat karena pertempuran masih terus berlangsung.

“Mereka masih berjuang sampai sekarang,” paparnya mengutip pernyataan presiden, seperti dilansir Inquirer, Kamis (14/4).
 

 

 

Baca Juga

PLTGU Grati di Pasuruan Tambah Kapasitas Jadi 1.360 MW

Pasuruan – Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Grati, Kabupaten Pasuruan, menambah kapasitas produksi listriknya ...