Home / Berita / Nasional / Presiden Bentuk Tim Komunikasi, Diisi Teten dan Sukardi

Presiden Bentuk Tim Komunikasi, Diisi Teten dan Sukardi

tim komunikasi

Semenjak dilantik, Presiden RI Joko Widodo didesak agar segera mempunyai juru bicara Kepresidenan. Namun setelah enam bulan memerintah, Presiden belum juga punya jubir. Selama ini biasanya Jokowi langsung berbicara kepada wartawan ataupun melalui Sekretaris kabinet Andi Widjajanto seputar kebijakan ataupun hal lainnya.

Nah, desakan tersebut muncul kembali dari publik, salah satunya dari pengamat kebijakan publik Agus Pambagio. Agus menuturkan,”Perlu ada juru bicara untuk jadi bumper, jadi tameng. Daripada ketika Jokowi tidak tahu, dia hanya ketawa saja.”

Entah karena adanya desakan atau tidak, hari ini Senin (11/5) Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menyebut bahwa saat ini sudah terbentuk tim komunikasi Presiden.

“Arahan Presiden yang dibentuk adalah tim komunikasi Presiden. Sudah dibentuk,” kata Andi

Keputusan Presiden, sambung Andi, tentang pengangkatan itu juga sudah keluar. Dua orang Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara yakni Teten Masduki dan Sukardi Rinakit ditunjuk untuk memimpin Tim Komunikasi Presiden.

“Mereka berdua (Teten dan Sukardi) akan mengkonsolidasikan Tim Komunikasi Presiden,” tutur Andi.

Lalu, apakah Teten dan Sukardi berarti akan menjadi juru bicara Presiden Jokowi, Andi tak mau menjawabnya.

“Tanyakan langsung ke mereka berdua karena itu perintah dan mereka langsung bertugas di bawah Presiden,” ungkapnya.

Meski demikian, Andi Menjelaskan setelah Tim Komunikasi Presiden bekerja, maka nantinya Sekretaris Kabinet tidak akan banyak mengeluarkan pernyataan ke media.

“Jadi selama kami menyiapkan tim komunikasi Presiden, saya ditugaskan untuk memberikan beberapa informasi ke media. Tapi idealnya sekretariat kabinet itu back office, tidak muncul di media,” tegas Andi.

Terkait dengan Teten Masduki dan Sukardi Rinakit, kedua orang ini sudah cukup lama mendampingi Jokowi. Pada pelaksanaan pemilihan presiden lalu, keduanya kerap membantu menyiapkan naskah pidato Jokowi. Tugas itu berlanjut saat Teten dan Sukardi masuk ke dalam lingkungan Istana.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...