Home / Berita / Presiden China tegaskan Kalau Negaranya Tak Akui Putusan dari Pengadilan Arbitrase

Presiden China tegaskan Kalau Negaranya Tak Akui Putusan dari Pengadilan Arbitrase

Presiden China XI Jingpin

China kembali menegaskan tak akan mengakui putusan Pengadilan Arbitrase soal Laut China Selatan. Penegasan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden China XI Jingpin tidak lama setelah putusan pengadilan itu keluar.

Seperti diketahui kalau Pengadilan Arbitrase Internasional yang berbasis di Den Haag, Belanda memutuskan bahwa China tidak memiliki dasar hukum untuk mengklaim hak bersejarah sumber daya di Laut China Selatan. Pengadilan juga menyatakan, klaim China bertentangan dengan Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS).

Walau menolak keputusan Pengadilan Arbitrase tersebut, Jingpin mengatakan bahwa pihaknya tetap memiliki komitmen kuat untuk menjaga perdamaian dan stabilias di kawasan Laut China Selatan.

“China memiliki dedikasi untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan, tetapi tidak akan menerima posisi atau tindakan berdasarkan pada hasil kasus arbitrase,” papar Jingping, sepeti dilansir Reuters pada Selasa (12/7).

 

 

 

Baca Juga

Gelombang Pengungsi Rohingya Tak Kunjung Berhenti

detikFlash Ribuan warga Rohingya kembali melintasi perbatasan Myanmar-Bangladesh pada Senin (16/10). Mereka bergabung dengan 536.000 pengungsi yang ...