Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi Ajukan Sutiyoso Jadi Calon KaBIN

Presiden Jokowi Ajukan Sutiyoso Jadi Calon KaBIN

Sutiyoso_1

Dari kota Solo Presiden Jokowi akhirnya memilih Sutiyoso untuk diajukan kepada DPR RI sebagai Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN). Penunjukkan Sutiyoso diakui oleh Jokowi mempunyai sejumlah pertimbangan matang.

“Saya telah mengajukan pencalonan Sutiyoso sebagai Ka BIN,” ungkap Jokowi dalam jumpa pers di Solo, Rabu (10/6).

Presiden mempunyai keyakinan kalau Sutiyoso yang juga jenderal TNI ini memiliki kompetensi.

“Ini saya juga sudah melalui banyak pertimbangan dan memperhatikan baik rekam jejak maupun kompetensi dari Pak Sutiyoso terutama di dunia intelejen dan militer,” kata Jokowi.

Saya berharap, lanjutnya, DPR memberikan pertimbangan terhadap keputusan tersebut.

Surat penetapan Sutiyoso sebagai Kepala BIN sudah dikirimkan ke DPR, bersamaan dengan nama Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI.

Sementara itu Ketua DPR Setya Novanto mengakui kalau surat penunjukan Panglima TNI dan Kepala BIN yang baru sudah diterima DPR.

“Sudah terima surat termasuk masalah kepala BIN. Yang beliau tunjuk adalah Pak Sutiyoso menggantikan Pak Marciano,” kata Ketua DPR Setya Novanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/6).

Ditambahkan oleh Novanto, surat itu diterima oleh DPR tadi malam. Selanjutnya, surat itu akan dibacakan di rapat paripurna dan dilakukan fit and proper test.

Sutiyoso saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Partai ini merupakan salah satu pendukung Jokowi dalam pilpres 2014.

Karena diajukan sebagai Ka Bin, Sutiyoso harus meninggalkan kursi sebagai Ketum PKPI. Mengenai hal ini, Sutiyoso mengakui akan menanggalkan kursi jabatannya sebagai Ketum PKPI.

Terkait dengan penunjukkan sebagai calon Ka Bin, Letjen TNI (Purn) Sutiyoso punya mimpi besar jika dilantik jadi Kepala BIN nantinya.

“Kalau tantangan BIN memang berat, di bidang teknologi intelijen kita tidak boleh ketinggalan,” ujar Bang Yos seperti dilansir salah media online.

Bang Yos, lanjutnya, ingin melengkapi BIN dengan peralatan super canggih. Sehingga BIN dapat mendeteksi setiap adanya gerakan mencurigakan.

“Kan sekarang eranya menggunakan alat super canggih. Jadi tidak ada yang memonitor pembicaraan Presiden dan Ibu Negara oleh asing, itu salah satu contoh,” jelasnya.

Bagi pria berusia 70 tahun ini, dunia intelijen merupakan habitat lama. Waktu masih di Kopassus, dirinya lama di satuan intelijen. Meski demikian, hingga sekarang dirinya belum diberitahu DPR maupun Pak Presiden (untuk menjadi Kepala BIN). Tapi kalau betul, Sutiyoso siap menjabat Kepala BIN.

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...