Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Presiden Jokowi Beberkan Oknum yang Loloskan Produk Impor Ilegal

Presiden Jokowi Beberkan Oknum yang Loloskan Produk Impor Ilegal

presiden jokowi6868

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Senin (12/10) mengadakan rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta. Presiden Jokowi sengaja mengumpulkan sejumlah menteri untuk menghentikan masuknya produk impor ilegal di dalam negeri. Kondisi ini mengancam kematian produsen lokal.

Menurut Presiden Jokowi, ada oknum dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai yang terlibat meloloskan barang impor ini.

“Di pelabuhan saya sudah mendengar bahwa ada banyak modus yang dilakukan, baik dalam penyelundupan bea masuk, PPh (Pajak Penghasilan) maupun PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Ada 3 pihak yang kerjasama, importir, pengusaha pengurusan jasa yangg berkaitan dengan kepabeanan, dan ketiga oknum terutama oknum Bea Cukai,” tutur Jokowi.

Dalam skema ini, lanjutnya, dokumen barang diatur sedemikian rupa agar memenuhi standar ilegal. Seperti kode harmonized system (HS) hingga pembayaran pajak serta kepabeanan.

“Ini yang saya kira harus diselesaikan, dan juga untuk memudahkan transaksi yang ada, oknum biasanya minta harga borongan per kontainer. Dan harga itu saya sudah mendapatkan datanya bervariasi, tergantung barang yang diimpor,” jelas Presiden Jokowi.

Dilanjutkan pula bahwa kalau benang bisa sampai Rp 120 juta per kontainer, kain Rp 150 juta, pakaian jadi bisa Rp 200 juta, elektronik dan lain-lain. Tentu lebih mahal. Ini harus disikapi serius terutama yang berkaitan‎ instansi-instansi, yang berkaitan dengan barang masuk.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...