Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi Bentuk Badan Otoritas Pariwisata Borobudur, Ini Tujuannya

Presiden Jokowi Bentuk Badan Otoritas Pariwisata Borobudur, Ini Tujuannya

presiden jokowi-borobudur

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat satu terobosan untuk mempercepat pembangunan pariwisata Candi Borobudur. Caranya yakni dengan membentuk Badan Otoritas Pariwisata Borobudur.

Berdasarkan press release dari Kemenpar, Sabtu (30/1), Presiden Jokowi berencana untuk membuat Badan Otoritas Pariwisata Borobudur usai memimpin rapat terbatas di Manohara, Kompleks Candi Borobudur.

“Saya minta pengembangan Borobudur ini disiapkan dengan baik, terintegrasi antar kementerian dengan provinsi. Dan baik itu berkaitan dengan aksesibilitas, terintegrasi dengan kawasan wisata yang lain, seperti Prambanan, yang juga warisan budaya,” kata Presiden Jokowi.

Meneruskan mandat dari Presiden Jokowi, Menpar Arief Yahya pun mengumumkan dan mendukung dibentuknya Badan Otorita Borobudur yang tugas utamanya perbaikan infrastruktur bersama. Misalnya berkoordinasi dengan Men PU-PR soal jalan, akses, tol, jembatan dan lainnya. Secara posisi, Badan Otoritas Borobudur berada di atas manajemen.

“Posisi badan otorita ini di atas manajemen, lebih luas dan memberi keleluasaan untuk bergerak lebih cepat pada manajemen,” terang Arief.

Demi mengejar target wisatawan, Menpar pun tidak ingin berlama-lama. Menpar menyatakan bahwa Badan Otoritas Borobudur itu akan efektif berjalan per Februari 2016.

“Karena target wisatawan mancanegara 2 juta, naik 7 kali dari capaian selama ini 250 ribu di 2019. Wisnus selama ini sudah 5 juta dan itu bisa meledak lagi,” kata Arief.

Kalau angka itu tercapai, sambung Menpar, maka akan mendapatkan devisa US$ 2 miliar pada 2019.

“Investasi yang dibutuhkan sekitar Rp 20 triliun. Rp 10 triliun berasal dari pemerintah untuk infrastruktur, sisanya Rp 10 Triliun lainnya dari private sector untuk pembangunan amenitas pariwisata (hotel, restoran, dll),” papar Arief.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...