Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Presiden Jokowi Bikin Rumus Baru Kenaikan UMP, Ini Tujuannya

Presiden Jokowi Bikin Rumus Baru Kenaikan UMP, Ini Tujuannya

ump

Hari Kamis (15/10) ini pemerintah pimpinan Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan paket kebijakan ekonomi jilid IV. Salah satunya adalah mengeluarkan rumus baru kenaikan upah minimum provinsi (UMP) tiap tahun.

Apa sih tujuannya?

Rumusan baru ini akan disahkan lewat Peraturan Pemerintah (PP) yang akan segera ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

“Ini memberi kepastian pekerja bahwa upah naik tiap tahun, dan kepastian dunia usaha agar upah bisa diprediksi,” ujar Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri dalam jumpa pers Paket Kebijakan Ekonomi Jilid IV di Istana Negara, Jakarta, Kamis (15/10) seperti dilansir sebuah media online.

Lalu seperti apa rumusnya?

UMP tahun depan = UMP tahun berjalan + (UMP tahun berjalan (inflasi + pertumbuhan ekonomi))

Kemudian Hanif mencontohkan kondisi UMP di DKI Jakarta dengan inflasi dan pertumbuhan ekonomi masing-masing 5%. Maka UMP sekarang Rp 2,7 juta, ditambah Rp 2,7 juta dikali 10%. Artinya Rp 2,7 juta ditambah Rp 270.000 yang berarti Rp 2,97 juta.

“Tujuan utama kebijakan ini adalah untuk memastikan perluasan kesempatan kerja dan penciptaan kerja seluas-luasnya. Iklim investasi dan dunia usaha akan kondusif. Lapangan kerjaan akan semakin luas, dan calon-calon tenaga kerja akan punya pilihan, dan bargaining mereka akan meningkat. Jangan disalahpahami,” jelas Hanif.

Walau demikian, ada 8 provinsi yang tingkat UMP-nya belum mencapai 100% dari Komponen Hidup Layak (KHL). Untuk itu, kepala daerah di provinsi ini diminta agar melakukan penyesuaian selama 4 tahun sehingga UMP bisa mencapai KHL, dan setelah itu baru menggunakan rumusan baru ini.

Dengan terbitnya PP Pengupahan, maka akan diikuti dengan 7 Peraturan Menteri Ketenagakerjaan, yakni:
– Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Tentang Formula UM
– Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Tentang Penetapan UMP/UMK
– Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Tentang Penetapan UMS
– Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Tentang Struktur Skala Upah
– Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Tentang THR
– Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Tentang Uang Service
– Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Tentang KHL

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...