Home / Headline / Presiden Jokowi Direncanakan Akan Lantik Gubernur Terpilih di Istana Merdeka

Presiden Jokowi Direncanakan Akan Lantik Gubernur Terpilih di Istana Merdeka

presiden_joko-widodo_663_382

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan kalau pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pilkada Serentak 2015 akan dilangsungkan di Istana Merdeka.

Pelantikan akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk gubernur dan wakilnya yang secara sah sudah diputuskan sebagai pemenang pilkada.

“Kalau (pelantikan) gubenur di sini (Istana). Sementara tujuh (daerah) dulu. Kalteng (Kalimantan Tengah) belum selesai. Mudah-mudahan setelah beliau (Jokowi) kembali dari luar negeri,” ujar Tjahjo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/2) seperti dilansir sebuah media online.

Pelantikan itu sendiri rencananya akan dilangsungkan pertengahan bulan Februari atau sepulang dari agenda US ASEAN Summit, di Amerika Serikat (AS).

Lebih lanjut Tjahjo menuturkan bahwa untuk melantik tujuh Gubernur dan wakilnya, presiden akan menggunakan Keputusan Presiden (Keppres). Adapun untuk pelantikan bupati dan wali kota serta wakilnya, akan dilakukan di provinsi atau oleh gubernur.

“Yang kita pikirkan itu perpres terkait pelantikan bupati wali kota dengan perpres, ternyata enggak bisa. Itu undang-undang,” jelasnya.
 

Baca Juga

4 Jam Kebakaran di Pasar Benpas, Api Berhasil Dipadamkan

Mojokerto – Proses pemadaman api yang membakar pasar Benteng Pancasila (Benpas) berlangsung lebih dari 4 ...