Home / Headline / Presiden Jokowi Gunakan Diplomasi Politik “Blusukan” Kedatangan PM Australia

Presiden Jokowi Gunakan Diplomasi Politik “Blusukan” Kedatangan PM Australia

presiden-jokowi-dan-pm-australia-kunjungi-pasar-tanah-abang_

Bukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) namanya kalau tidak membuat kejutan. Presiden Jokowi memang dikenal begitu dekat dengan rakyat sehingga setiap ada kesempatan selalu ingin langsung bersentuhan dengan rakyatnya.

Seperti salah satu contohnya adalah saat kedatangan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, pada hari Kamis (12/11) kemarin. Ada yang berbeda di dalam rangkaian acara penerimaan tamu negara yang dilakukan Presiden Jokowi.

Siang itu, Presiden dan Ibu Negara Iriana menerima kunjungan PM Turnbull dan istrinya, Ibu Lucy Turnbull di Istana Negara Jakarta.

Usai mengikuti acara resmi dan santap siang bersama Istana Merdeka, Presiden dan PM Turnbull menuruni anak tangga menuju mobil kepresidenan RI-1.

“Peristiwa ini sangat jarang terjadi ada dua kepala negara di dalam mobil RI-1,” kata Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya.

Sekitar pukul 14.05 WIB rangkaian kendaraan kepresidenan keluar dari lingkungan Istana menuju Tanah Abang.

Tidak disangka, Pukul 14.15 WIB mobil berplat RI-1 berhenti di depan lobby Pasar Tanah Abang Blok A.

“Keduanya secara bersamaan keluar dari mobil dan disambut ratusan pengunjung yang memenuhi Blok A itu,” katanya.

PM Turnbull pun ternayata tanpa disangka mengeluarkan telepon seluler dan mengajak Presiden untuk berfoto selfie di depan Pintu Timur Pasar Tanah Abang Blok A itu.

“Ratusan pengunjung yang memperhatikan keakraban kedua kepala negara itu dan bertepuk tangan dengan riuh,” katanya.

Setelah berkeliling di lantai dasar, kedua kepala negara itu menuju pertokoan yang berada di lantai satu.

Menurut Presiden Jokowi, maksud kunjungan dirinya ke Tanah Abang bersama PM Turnbull untuk memperkenalkan PM Turnbull kepada masyarakat Indonesia.

“Sehingga masyarakat tahu betapa Indonesia dan Australia itu dekat. Biar masyarakat tahu, itu saja,” tambah Presiden Jokowi.

Disamping itu, Presiden Jokowi ingin menunjukkan kepada PM Turnbull bahwa Pasar Tanah Adalah pasar rakyat.

“Pasar Tanah Abang yang terbesar di Indonesia, di Asia,” jelas Presiden Jokowi

Sementara itu PM Australia Turnbull mengaku sangat terhormat dapat hadiah penyambutan yang begitu hangatnya dilakukan Presiden Jokowi, kepada dirinya dan istrinya.

Ditambahkan oleh PM Turnbull, Kami berdua percaya bahwa saat ini adalah momen yang paling penting dalam sejarah perkembangan manusia.

Kami, katanya, belum pernah melihat begitu banyaknya pertumbuhan. Begitu banyaknya perubahan di bidang ekonomi. Dan begitu berkembangnya teknologi dengan pesat.

PM Turnbull gembira melihat masa depan hubungan Australia-Indonesia. Terutama di bidang ekonomi akan meningkat dengan pesat.

“Jadi pertemuan kami ini memberikan kekuatan baru dalam kerjasama kedua negara. Australia dan Indonesia akan menjadi bangsa yang besar. Benar-benar hari yang indah,” tutur PM Turnbull.

Apa yang dilakukan Presiden Jokowi dengan mengajak PM Turnbull ke Pasar Tanah Abang, menjadi ciri khas dari sosok Jokowi dimana gemar sekali blusukan.

Karena itulah, Kepala Biro Pers Istana Kepresidenan menyebutnya Diplomasi Blusukan gaya Presiden Jokowi.

 

Baca Juga

Pria Bersenjata Sandera 2 Orang di Taman Rekreasi Inggris

Pengamanan di Taman Rekreasi Bermuda (Foto: AFP) London – Sebuah taman rekreasi di Inggris diblokade ...